Connect with us

Politik

Di Balik Meriahnya AG 2018, CBA Cium Ada 3 Indikasi Korupsi

JARRAK.ID

Published

on

Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (UBK) terpantau meriah dan megah (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pembukaan pagelaran pesta olahraga akbar Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno terpantau meriah dan megah. Meski demikian, anggaran proyek pengerjaan Asian Games 2018 kali ini terindikasi dikorupsi. Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA), Jajang Nurjaman.

Jajang menyebut ada kejanggalan dari proyek anggaran Asian Games yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 10,3 miliar lebih itu. Karena, perusahaan yang dimenangkan oleh pihak Kominfo selalu perusahaan yang sama, yakni PT. Beework Pariwara. Padahal, kata Jajang, dari nilai proyek yang ditawarkan kelewat mahal jika dibandingkan tawaran perusahaan lainnya.

“Dari tiga Proyek di atas saja potensi kebocoran negara yang kami temukan mencapai Rp 846 juta, berdasarkan temuan itu kami mendorong pihak berwenang khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka penyelidikan terkait proyek Asian Games yang dijalankan Kominfo, jika perlu panggil Menteri Rudiantara untuk dimintai keterangan,” ungkap Jajang, dilansir www.rmol.com pada Senin (20/8).

1. Jasa Penayangan Konten

Jajang menjelaskan, proyek jasa penayangan konten sosialisasi Asian Games XVIII Tahun 2018 durasi 30 detik melalui media bioskop berjaringan nasional. dari anggaran yang disiapkan Rp 3,8 miliar, uang Negara yang dihabiskan sebesar Rp3.756.619.350.

2. Sosialisasi Media Digital dan Event Komunitas

Proyek sosialisasi Asian Games XVIII melalui aktivasi media digital dan event komunitas tahun 2018 disebut Jajang juga terindikasi korupsi. Dari anggaran yang disiapkan Rp 4,2 miliar, anggaran yang dihabiskan sebesar Rp3.956.477.800.

3. Penayangan Media Alternatif

Jajang mengatakan, jasa penayangan konten Asian Games XVIII tahun 2018 melalui media luar ruang digital dan media alternatif dalam negeri juga disebut terindikasi korupsi. Dari anggaran yang disiapkan Rp 3 miliar, uang yang dihabiskan sebesar Rp2.591.509.800.

Baca Juga:  Soal Kasus Herman Hery, Ngabalin: Presiden Punya Pertimbangan Sendiri

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer