Connect with us

Daerah

Desa Payudan Dundang Sumenep Gelar Musdes untuk Rencana Pembangunan Tahun 2020

HOLIDI

Published

on

Kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Payudan Dundang, Guluk-Guluk, Sumenep di Balai Desa Payudan Dundang, Senin, 29 Juli 2019 (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – Desa Payudan Dundang, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk Tahun Anggaran  2020. Kegiatan Musdes dilaksanakan di Balai Desa Payudan Dundang, Senin, (29/07/2019) pagi.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Pj Kepala Desa Payudan Dundang dan perangkatnya, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggota dan Pendamping Desa.

Masyarakat Desa Payudan Dundang, Guluk-Guluk, Sumenep saat mengikuti kegiatan Musdes RKPDes tahun 2020 (Doc. JARRAK)

Kemudian Kapolsek Guluk-Guluk diwakili Bhabinkamtibmas, Koramil Guluk-Guluk diwakili Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta masyarakat umum.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Payudan Dundang, Muchlis mengatakan bahwa Musdes merupakan tahapan terakhir di tingkat desa dalam rangka membicarakan berbagai usulan program kerja yang sudah dilakukan di masing-masing dusun.

Musdes RKPDes Payudan Dundang, Guluk-Guluk, Sumenep (Doc. JARRAK)

“Musyawarah Desa diselenggarakan setelah masing-masing dusun melaksanakan musdus, secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel berdasarkan kepada hak dan kewajiban masyarakat,” ujar dia dalam sambutannya.

Menurutnya, dalam Musdes nanti akan disepakati program-program prioritas untuk pembangunan desa dalam satu tahun ke depan. Program tersebut kata dia sebagai bentuk pemenuhan terhadap kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek, baik dalam aspek pembangunan, pendidikan, kesehatan, perekonomian dan pemberdayaan masyarakat.

“Apapun nanti program yang akan disepakati tentu itu atas dasar kebutuhan masyarakat sebagaimana diusulkan oleh masyarakat sendiri. Kami Pemerintah Desa hanya memfasilitasi agar program tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat,” jelas dia.

Ia juga berharap, berbagai program yang akan disepakati dalam Musdes untuk RKPDes tahun anggaran 2020 bisa memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Payudan Dundang.

“Kita akan memastikan bahwa program yang akan disepakati nanti bukan hanya sekedar untuk menghabiskan anggaran, tetapi diharapkan bisa berpengaruh besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi yang berkesinambungan, sekaligus mampu meningkatkan daya saing Desa Payudan Dundang ke depan,” tandas dia.

Sampai berita ini ditulis, kegiatan Musdes masih berlangsung. Masyarakat dan sejumlah undangan tanpak serius mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam Musdes tersebut.

Advertisement

Populer