Connect with us

Elektoral

Demokrat Sebut Cawapres Menentukan Suara Pemilih di Pilpres 2019

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto menilai saat ini tidak ada calon presiden (capres) 2019 yang muncul secara dominan atau aman dari sisi suara dukungan. Menurut dia, semuanya masih memiliki potensi untuk berkompetisi dan punya peluang menang maupun kalah.

Oleh karena itu menurut Didik, kecerdasan calon presiden dalam memilih cawapres akan menjadi sangat menentukan arah dukungan para pemilih hak suara.

“Apalagi peta pasangannya (cawapres) juga akan sangat menentukan ke arah mana voters akan memberikan dukungan. Maka dari itu masih akan banyak terjadi kejutan-kejutan ke depan dalam konstelasi Pemilu 2019. Kita tunggu tanggal mainnya,” ujar Didik dikutip dari keterangan resminya pada Selasa, (26/06/2018).

Karena itu, Didik melanjutkan, Demokrat tidak merisaukan pertemuan antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Dia pun memahami komunikasi politik adalah kebutuhan bagi parpol untuk membangun sinergi dan koalisi.

Terlebih kata Didik ambang batas perolehan suara 20% bagi partai yang ingin mencalonkan capres-cawapres mensyaratkan partai manapun inten membangun komunikasi politik.

“Namun tentu hitung-hitungan itu pasti akan tetap obyektif dan rasional. Di samping kesamaan visi, misi dan platform, tentu tujuan koalisi untuk memenangkan kompetisi juga pertimbangan utama,” ujar Didik.

Didik juga memandang hingga saat ini sebetulnya belum ada koalisi yang permanen dan ruangnya masih sangat terbuka. Hal ini tidak akan terlepas dari dinamika politik yang menyertai. “Saya yakin timing sangat berpengaruh besar bagi parpol untuk membuat keputusan strategis dan besar dalam Pemilu 2019,” kata Didik.

Ketum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Senin, (25/06/2018). Pertemuan digelar di rumah dinas Zulkifli, di Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan. Prabowo tiba di rumah dinas Zulkifli sekitar pukul 10.40 WIB dan langsung menemui Zulkifli.

Baca Juga:  Begini Nasib Prabowo Pasca Amien Rais Maju Capres

Prabowo datang didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Sementara dari PAN yang tampak, antara lain, Ketua DPP PAN Yandri Susanto dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap.

Yandri menyebut pertemuan itu sebagai silaturahim sekaligus penjajakan koalisi menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang. “Kan tinggal satu bulan lagi. Saya kira membangun chemistry itu semakin hari itu akan semakin intensif,” ujar Yandri.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer