Connect with us

Elektoral

Demokrat: Elektabilitas Jokowi Belum Aman

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP Demokrat, Didik Mukrianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPP Demokrat, Didik Mukrianto menyebut, peta politik terkait kandidat calon presiden dan wakil presiden masih relatif imbang. Menurutnya, Peluang imbang ini termasuk bakal capres petahana, yakni Joko Widodo.

“Calon-calon presiden dan calon wakil presiden yang bermunculan di publik, masih relatif imbang peluangnya. Belum ada yang mendominasi, sehingga peluangnya masih sangat terbuka, termasuk incumbent,” ujar Didik dalam keterangan resminya, Rabu (30/5/2018).

Didik menyebut, peluang Jokowi sebagai calon petahana belum masuk kategori ‘aman’ dari segi elektabilitas. Menurutnya, ada kemungkinan elektabilitas mantan Gubernur DKI itu akan menurun bila belum mampu memperbaiki beberapa persoalan yang sering dikeluhkan masyarakat, seperti ekonomi dan penegakan hukum.

“Mungkin ke depan, cenderung menurun apabila tidak mampu memperbaiki ekonomi, politik, penegakan hukum dan keadilan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat yang saat ini dirasakan masyarakat semakin sulit,” uajr Didik.

Selain itu, Didik juga menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyebut cawapres Jokowi berasal dari parpol. Menurut Didik, perlu melihat aspirasi rakyat untuk menentukan hal tersebut.

Namun, Didik mengklaim, Partai Demokrat terus membangun aspirasi untuk menjaring kebutuhan keluhan rakyat.

“Partai Demokrat dengan segenap kader, simpatisan yang dikomandani oleh Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan Mas AHY (Agus Harimuti Yudhoyono) sebagai Ketua Kogasma terus bekerja membangun koalisi dengan rakyat, membangun sinergi dengan masyarakat,” kata dia.

Didik menegaskan, Partai Demokrat berkomitmen untuk hadir memberikan solusi buat rakyat. Ia menilai, berbagai kegiatan seperti serap aspirasi yang dilakukan elite Demokrat, termasuk SBY dan AHY, akan sangat membantu meningkatkan elektabilitas PD.

“Mereka mendapatkan masukan dan aspirasi masyarakat yang luar biasa, sebagian masyarakat sangat berharap, agar pemerintah peka dan peduli dengan kesulitan masyarakat,” ungkap dia.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Berencana Temui Jokowi dan Cium Tangannya, Untuk Apa?

“Untuk menjaga dan mewujudkan harapan tersebut, mereka sangat ingin dan mendorong agar Mas AHY bisa meneruskan legacy Pak SBY,” imbuhnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer