Connect with us

Elektoral

Dawuh Amien Rais: Ingat, Jangan Sampai Gulingkan Jokowi di Tengah Jalan

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta publik tidak perlu menggulingkan Presiden Joko Widodo di tengah jalan, sekalipun nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan pelemahan dalam beberapa waktu terakhir.

Bahkan saat ini nilai tukar rupiah sudah menembus angka Rp 14.200 per dolar AS. Situasi ini tentu saja berpotensi menimbulkan gejolak ekonomi dan mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikian dikatakan Amien Rais usai acara Refleksi 20 Tahun Reformasi di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin, (21/05/2018).

“Saya ketika masih menjadi ketua MPR dulu sempat mengatakan, masa kita melihat 4 kali pergantian presiden, Pak Harto, Habibie, Gus Dur dan Bu Megawati waktu itu. Semua harus ditunggu lima tahun, tidak boleh kemudian menggati kekuasaan di luar konstitusi,” kata Amien.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah ini menegaskan, di masa pemerintahan Jokowi nilai tukar rupiah terus memburuk. Pasalnya kata Amien, katika Jokowi baru mencalonkan sebagai calon presiden tahun 2014 silam, nilai tukar rupiah masih stabil di angka Rp 10.000.

Ia mengaku, bukan ahli ekonomi, tetapi kalau berdasarkan krismon dulu kalau rupiah terpuruk, itu berarti kelas menangah ke bawah dan pedagang yang berkaitan dengan barang impor juga “sesak nafas”. Dan, itulah implikasinya sangat berat.

“Jadi menuruut saya, bukan lagi siapa ikut siapa? Tapi sudah masalah bangsa. Jadi, kita harus betul-betul rawat ini, menjaga Jokowi sampai selesai menunaikan tugas sebagai presidennya, tidak boleh dihadang ditengah jalan apapun alasannya,” pungkas Amien.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer