Connect with us

Daerah

Dalami Kasus Korupsi Proyek PLTU Riau-1, KPK ‘Garap’ Mensos dan Dirut PLN

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Sosial, Idrus Marhan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengirimkan surat pemeriksaan kepada Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marhan dan Direktur Utama (Dirut) PLN, Sofyan Basir.

Pamanggilan keduanya guna menjalani pemeriksaan soal kasus dugaan suap dalam proyek pembangunan PLTU Riau-1. Idrus akan menjalani pemeriksaan pada Kamis, (19/07/2018), sedangkan Sofyan pada Jumat, (20/07/2018).

“Besok Kamis dan Jumat direncanakan pemeriksaan saksi Idrus Marham dan Sofyan Basir. KPK telah menyampaikan surat panggilan secara patut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu, (18/07/2018).

Febri menerangkan baik Idrus dan Sofyan siap memenuhi panggilan KPK. Keduanya akan dimintai keterangan soal dugaan suap yang melibatkan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited, Johannes B Kotjo.

“Para saksi ini dibutuhkan keterangannya tentang apa yang ia ketahui terkait perkara yang sedang kami proses ini,” ujarnya.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir (Doc. Net)

Sedangkan mengenai alasan pemanggilan keduanya karena Eni diamankan di rumah dinas Idrus Marhan. Sedangkan Sofyan diduga mengetahui pelaksanaan proyek pembangunan PLTU Riau-1 yang menghabiskan anggaran U$900 juta. Terlebih KPK dalam ketika menggeledah rumah dan kantor Sofyan juga mengamankan beberapa dokumen terkait proyek tersebut.

Tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih (Doc. Net)

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan Eni Saragih dan salah satu pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited, Johannes B Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp4,8 miliar secara bertahap dari Kotjo.

Proyek PLTU Riau-I yang masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt itu rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

Baca Juga:  Terjaring OTT KPK, Ketum PPP Masih Diperiksa di Polda Jatim

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer