Connect with us

Daerah

Dalam Dua Tahun, Wabup Bondowoso Targetkan Angka Lama Sekolah Menjadi 7 Tahun

MOH AIDI

Published

on

Wabub Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Wakil Bupati Bondowoso, Jawa Timur, Irwan Bachtiar R menargetkan angka rata-rata lama sekolah di Bondowoso bisa mencapai 7 tahun dalam dua tahun ke depan.

Menurutnya, angka rata-rata lama sekolah di Bondowoso saat ini baru 5,5 tahun. Angka itu lebih rendah dibanding kabupaten lain yang mayoritas berada di angka 6 tahun.

Padahal, kata dia, angka rata-rata lama sekolah ini menjadi salah satu penentu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bondowoso.

Keadaan yang demikian itu, membuat Bondowoso berada di urutan ke 35 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, dan masih masuk sebagai kabupaten miskin dan tertinggal.

“IPM Bondowoso yang dirilis oleh BPS angkanya 64,39 persen. Sedangkan Bappeda Bondowoso, IPM-nya 64,75 persen. Dengan IPM yang setiap tahunnya mengalami pergerakannya 0,4 sampai 0,5,” katanya.

Untuk itu, ia berkeinginan untuk menggenjot angka rata-rata lama sekolah menjadi 7 tahun dalam dua tahun ke depan.

“Sehingga kami sepakat di kepemimpinan yang baru ini, kita tetapkan kisaran tujuh, harus sudah terangkat dua tahun mendatang,” ujarnya.

Ia meminta Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) melakukan identifikasi permasalahan agar selama dua tahun ke depan angka rata-rata lama sekolah di Bondowoso menjadi 7 tahun.

Advertisement

Populer