Connect with us

Nasional

Cerita OC Kaligis dari Balik Sukamiskin: Harkat dan Martabat Manusia Sangat Diperhatikan

JARRAK.ID

Published

on

Otto Cornelis (OC) Kaligis (Doc. Net)

JAKARTAJARRAK.id – Advokat senior Otto Cornelis (OC) Kaligis mengatakan bahwa kehidupan di balik penjara Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung tidak seperti yang dibayangkan banyak orang selama ini.

Menurut dia, di Lapas Sukamiskin harkat dan martabat Warga Binaan diperhatikan dengan baik.

“Saya sudah ke penjara di seluruh dunia. Harkat dan martabat manusia di Sukamiskin cukup diperhatikan,” kata OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu, (13/11/2019).

Bahkan selama menjalani pemasyarakatan di Sukamiskin, ia mengaku sudah menulis 10 buku.

“Saya bisa nulis kan karena saya penulis, sudah 10 buku saya bikin,” kata OC Kaligis.

“Kemudian kalau saya sakit langsung dibawa RS, saya kan ada jantung. Jadi hak saya sesuai pasal 5 UU Permasyarakatan harkat dan martabat manusia itu memang dilaksanakan dengan baik,” imbuh OC Kaligis.

OC Kaligis sebenarnya harus menghuni lapas itu selama 10 tahun lamanya. Namun melalui kasasi, hukuman OC Kaligis dipotong menjadi 7 tahun. Meski hukumannya sudah dipotong, OC Kaligis masih mengajukan upaya Peninjauan Kembali (PK) karena masih ingin hukumannya dikurangi lagi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer