Connect with us

Elektoral

Catatan Pilkada Serentak 2018: Pemilih Perempuan Lebih Tinggi daripada Pria

JARRAK.ID

Published

on

(Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Data hitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), angka partisipasi perempuan dalam pagelaran Pilkada Serentak 2018 tercatat cukup tinggi.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, partisipasi kaum perempuan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada ) tahun ini sangat tinggi dibandingkan dengan pria.

Meski begitu, Arief mengungkapkan bahwa angka tersebut merupakan angka sementara, karena proses di KPU masih terus berlanjut.

“Pertama, angka partisipasi itu angka sementara ya, karena memang kan proses masih berjalan terus memasukkan datanya,” ujarnya dalam diskusi bertajuk ‘Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres’ di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

Arief menambahkan, selain partisipasi yang tinggi, daftar pemilih tetap (DPT) juga didominasi oleh kaum perempuan. Arief tidak bisa menjelaskan apakah karena jumlah tersebut calon yang menang adalah perempuan pada Pilgub Jawa Timur.

“Kedua dari data sementara itu terlihat partisipasi perempuan lebih tinggi daripada partisipasi laki-laki, jumlah pemilih perempuan juga tercatat sedikit lebih banyak daripada pemilih laki-laki,” terang Arief.

Namun begitu, Arief tidak tahu pasti penyebab tingginya angka partisipasi perempuan pada Pilkada kali ini. Arief lalu mempercayakannya alasan tersebut kepada lembaga survei dan pengamat politik untuk memastikannya.

“Saya pikir ahli survei bisa menjelaskan kenapa perempuan jauh lebih banyak partisipasinya daripada laki-laki?,” pungkas dia.

Baca Juga:  Demi Menangkan Pasangan Gus Ipul-Puti, Risma Rela Cuti Tiga Hari

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer