Connect with us

Other

Catat! Tanaman Hias Ini Ampuh Menghilangkan Stres

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kehidupan dan padatnya rutinitas sering kali membuat Anda rentan stres. Berbagai cara dilakukan untuk meredakannya, salah satunya adalah menanam dan merawat tanaman pengusir stres. Apa saja tanaman hias yang bisa menghalau stres?

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda tempatkan di ruang kerja maupun di dalam rumah sebagai penghalau stres. Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut berbagai tanaman tersebut.

1. Lidah buaya (aloe vera)

Tak ada yang tak kenal dengan tanaman ini. Tanaman sukulen ini memiliki segudang manfaat. Lidah buaya dapat mengurangi kadar karbon dioksida dan karbon monoksida dalam udara.

Selain itu, gel di dalam tanaman ini juga banyak manfaatnya, seperti untuk kulit dan rambut, serta olahannya dapat dikonsumsi dan mampu mencegah konstipasi.

2. Lili perdamaian (peace lily)

Tanaman ini cocok ditempatkan di dalam ruangan. Selain bersifat dekoratif karena kecantikan bunganya, lili perdamaian dapat menghalau berbagai polutan, termasuk benzen dan formaldehida, sehingga udara di ruangan akan lebih bersih.

3. Lidah mertua (Sansevieria)

Tanaman ini memiliki bentuk yang khas, yakni daunnya keras, tegak, berlekuk, dengan ujung runcing. Merawatnya pun relatif mudah karena lidah mertua mampu tumbuh dengan kondisi sedikit air dan sinar matahari.

Tanaman ini mampu mengurangi sebagian besar polutan dalam ruangan seperti benzena, formaldehida, dan trichloroethylene.

Hal tersebut membuatnya ditetapkan sebagai tanaman dalam ruangan terbaik dalam hal membersihkan udara berdasarkan penelitian NASA Clear Air Study yang dilakukan oleh NASA.

4. Lili paris (spider plant)

Tanaman golongan Chlorophytum ini mungkin sering Anda temui. Bentuknya khas dengan daun yang panjang dan menjuntai sehingga dapat dijadikan tanaman gantung. Serupa dengan peace lily, tanaman ini pun mampu menyerap racun dalam udara.

5. Filodendron

Berbeda dengan beberapa jenis tanaman di atas, filodendron memiliki daun yang relatif lebih lebar dengan batang yang lunak. Tanaman ini memiliki banyak varietas dan digemari sebagai tanaman penghias ruangan.

Selain dapat mempercantik area kerja atau rumah, filodendron juga dapat membersihkan udara dan mengurangi stres.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer