Connect with us

Other

Catat! Ini Manfaat Semangka untuk Tubuh

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Selain manis dan nikmat, semangka juga termasuk buah yang menjadi favorit banyak orang. Semangka mengandung banyak cairan, menggugah selera, mudah ditemui, serta relatif murah. Selain itu, semangka juga memiliki banyak manfaat tubuh.

Semangka dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Ini karena buah tersebut kaya akan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti berikut.

Ada beberapa manfaat semangka yang perlu anda ketahui.

1. Vitamin A

Satu buah semangka seberat 280 gram menyediakan 31 persen jumlah harian vitamin A yang direkomendasikan. Ini tentu mendukung fungsi penglihatan dan membantu memelihara kesehatan jantung, ginjal, dan paru-paru.

2. Vitamin C

Semangka berukuran 280 gram mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Satu porsi semangka menyediakan 37 persen dari vitamin C harian yang rekomendasikan. Vitamin C telah terbukti berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung, membantu dalam mencegah kanker, dan membantu melawan gejala flu biasa.

3. Serat

Semangka kaya akan serat, yang dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, juga meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan serat dan cairan di dalam semangka juga bisa mengekang keinginan Anda untuk makan berlebih.

Selain manfaat tersebut, semangka juga merupakan “obat” terbaik untuk mengurangi keluhan nyeri otot. Dilansir dari Klik Dokter, konsumsi sari citruline yang diambil dari buah semangka terbukti mampu mengurangi keluhan nyeri otot hingga 40 persen setelah melakukan olahraga intens.

Baca Juga:  Sri Mulyani Ajak Anak Muda Jangan Gemar Baca Gosip

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer