Connect with us

Other

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Makanan Sehat

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mata merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Maka menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting yang tak boleh dilupakan begitu saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi makanan sehat yang tepat.

Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda.

1. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Sejumlah penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat menjadi solusi dari mata kering. Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengonsumsi jenis ikan seperti tuna, salmon, kembung, sarden, dan teri.

2. Daging Sapi

Daging sapi kaya akan zink. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Ini karena zink dapat membantu menunda menurunnya kemampuan penglihatan, yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula.

3. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia. Lebih dari itu, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem tubuh, karena mengandung antioksidan dan berbagai zat gizi penting lainnya.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kacang kenari, kacang brazil, kacang mete, kacang almond, dan kacang lentil.

4. Jeruk

Jeruk dan beberapa jenis buah asam lainnya kaya akan vitamin C. Vitamin tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal dampak buruk proses penuaan pada kesehatan mata.

Antioksidan pada jeruk bekerja dalam mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat proses penuaan.

5. Wortel

Wortel adalah makanan yang identik untuk meningkatkan kesehatan mata. Sayur berwarna oranye berbentuk kerucut ini kaya akan vitamin A dan beta karoten, yang bermanfaat untuk menjernihkan penglihatan mata Anda.

Baca Juga:  Mau Mendapatkan Makanan Sehat? Hindari Cara Memasak seperti ini

Selain itu, komponen protein dalam vitamin A bernama rhodopsin yang ada pada wortel juga mampu membantu retina menyerap cahaya, juga dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer