Connect with us

Other

Cara Cepat Mengatasi Asam Urat

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Asam urat atau yang dalam istilah medis disebut gout merupakan kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat di sendi dan jaringan tubuh. Pada tahap awal, biasanya asam urat tidak akan menimbulkan gejala yang berarti. Namun, jika dibiarkan terlalu lama hal ini bisa menyebabkan nyeri hingga gangguan kesehatan lainnya.

Agar tidak semakin parah, Anda bisa mengatasi asam urat dengan berbagai cara berikut ini, seperti dilansir dari Klik Dokter.

1. Kompres dingin

Sembari beristirahat, aplikasikan kompres dingin untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi. Anda bisa membungkus es batu dengan kain atau kantung es khusus, lalu letakkan di bagian sendi yang terasa sakit.

2. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang tinggi protein hewani dan minuman beralkohol, maka gejala nyeri akan makin bertambah. Ini karena penumpukan kristal juga makin banyak

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat antara lain jeroan, beberapa jenis makanan laut seperti ikan sarden, kerang, dan udang, serta daging merah. Makanan tersebut mengandung purina atau purin yang tinggi.

Selain jeroan, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari kacang-kacangan, baik itu kacang kering (tanpa diolah) maupun yang sudah diolah seperti bumbu kacang, tahu, dan tempe. Makanan dengan kadar purina sedang, seperti unggas dan sayuran seperti bayam dan kembang kol, bisa dikonsumsi sesekali.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Asam urat akan dibuang oleh tubuh dengan bantuan ginjal. Karenanya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membantu pembuangan asam urat. Selain itu, hidrasi yang baik membantu mencegah kepekatan asam urat yang tinggi dalam darah.

Baca Juga:  Ini Hikmah Besar dari Perseruan Jerink 'SID' dan Via Vallen Menurut Glenn Fredly

4. Konsultasi ke dokter

Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang spesifik dan sesuai. Dokter akan memberikan obat yang sesuai untuk mengatasi asam urat pada tubuh Anda.

5. Istirahat

Dilansir dari Everyday Health, saat gejala asam urat muncul, jangan paksakan diri Anda untuk melakukan aktivitas fisik yang terlampau berat. Bahkan, bila sendi yang terdampak atau tubuh tak nyaman, Anda disarankan untuk tirah baring selama beberapa waktu hingga sensasi nyeri berkurang.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer