Connect with us

Bisnis

Bupati Sumenep Minta BUMDes Jadi Sumber Ekonomi Baru Desa

HOLIDI

Published

on

Ratusan Pengurus BUMDes saat menghadiri rapat di Pendapa Bupati Sumenep (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat bersama 337 pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Gedung Pendopo, Selasa, (26/02/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dan Wakil Bupati, Achmad Fauzi.

Acara tersebut melibatkan seluruh BUMDes se kabupaten guna memberikan dukungan, dan semangat kepada para pengurus BUMDes.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampaikan bahwa dari sisi kuantitas perkembangan BUMDes dari tahun ke tahun semakin meningkat, dari 334 desa sudah 237 desa yang ada BUMDes-nya.

“Dua tahun lalu BUMDes hanya ada beberapa. Dengan sosialisasi terus ke bawah mulai ada kesadaran untuk menggagas BUMDes, ini yang harus diapresiasi,” jelasnya

Menurut dia, tinggal bagaimana menjalankan roda BUMDes tersebut sehingga bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

Ia juga berharap agar Dana Desa (DD) juga masuk di BUMDes atau bisa kerja sama dengan pihak ketiga untuk pembiayaan.

“Saya berharap agar jalannya roda BUMDes bisa berjamaah, ada BUMDes bersama, tidak hanya satu desa. Misalnya, satu kecamatan langsung iuran seratus juta, asalkan kegiatannya sudah jelas. Dan programnya harus disesuaikan dengan potensi yang ada di kecamatan,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ahmad Masuni mengatakan bahwa BUMDes di Sumenep sudah memiliki unit usaha yang mampu meningkatkan nilai ekonomi desa. Mulai dari ternak lele, servis hingga makan ternak.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut nanti akan ditingkatkan dengan usaha yang lebih besar yang bekerja sama dengan PT Sumekar.

“Dimana PT Sumekar nanti bisa membuat suatu bentuk PT yang sahamnya dari BUMDes. Nanti kerjasama dengan PT Bumdes Nusantara, disitu ada sering modal, 31 persen dari PT. Mitra Bumdes Nusantara dan 30 persennya dari BUMDes yang akan dibentuk,” katanya.

Baca Juga:  Pak Jokowi, Pagi Ini Rupiah Sudah Menyentuh Angka Rp14.420 per Dolar

Dalam hal ini, lanjut Nasuni, PT Bumdes Nusantara nanti akan menjadi jembatan untuk BUMDes di Sumenep ketika berkaitan dengan BUMN, seperti semen dan LPJ.

“BUMDes sebagai jembatan penggerak ekonomi masyarakat akan berdampak positif kalau dikerjakan dengan serius oleh kepala desa,” tandasnya.

Berita Populer