Connect with us

Daerah

Bupati Bondowoso Imbau Kepada Kepala Desa Hati-hati Gunakan Dana Desa

MOH AIDI

Published

on

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Bupati Bondowoso, Jawa Timur, KH Salwa Arifin meminta kepada seluruh kepala desa agar bijaksana dalam mengalokasikan Dana Desa (DD).

Ia juga mengimbau, agar ke depan kepala desa juga harus berhati-hati dalam pengelolaan Dana Desa.

Pasalnya, kata dia, fenomena yang terjadi, banyak aparat yang terjerumus kepada masalah hukum karena kurang tepat dalam menggunakan DD.

“Saya harapkan jangan sampai terjadi, terjebak dengan masalah hukum, gara-gara pengelolaan dana desa ini,” katanya saat memberikan sambutan dalam Workshop ‘Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes 2.0’ di Pendopo Kabupaten tersebut, Rabu, (13/02/2019).

Ia juga menjelaskan, kucuran DD dari pusat cukup besar, tentunya pelaporannya juga cukup rumit. Maka, kata dia, perlu untuk mengikuti kegiatan workshop semacam ini secara seksama.

Sementara itu anggota Komisi XI DPR, Sumail Abdullah mengatakan, otonomi daerah menjadi sebuah komitmen yang harus dikuatkan dengan keuangan yang kuat di desa.

Namun demikian, kata dia, keuangan yang kuat di desa harus diimbangi sistem yang memudahkan, salah satunya Siskeudes 2.0, agar perangkat desa mudah dalam melaksanakan dan melakukan perencanaan hingga pertanggung jawabannya.

“Di beberapa tempat ada peningkatan dalam kasus-kasus hukum itu, kami tidak ingin itu terjadi,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi BPKP atas terselenggaranya kegiatan ini, agar DD bisa dievaluasi secara terus-menerus.

“Tujuannya tidak bermaksud untuk mengintip, tetapi kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah yang kami anggarkan di Komisi XI DPR betul-betul tersalurkan untuk kepentingan rakyat banyak,” jelasnya.

Ia mengatakan, kegiatan workshop itu sebenarnya untuk mempermudah seluruh perangkat desa, terutama dalam penggunaan aplikasi Siskeudes 2.0.

Baca Juga:  Wilayah Jabodetabek Siaga 1, Polda Metro Jaya Perketat Keamanan

Berita Populer