Connect with us

Politik

Bukan Merosot, Elektabilitas TGB Makin Mentereng Sejajar Rizieq Shihab Pasca Hengkang dari Demokrat

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Elektabilitas Tuan Guru bajang (TGB) Zainul Majdi mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir. Demikian berdasarkan survei yang dilakukan KedaiKopi (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia).

Tak hanya itu, menurut survei KedaiKopi, ketokohan TGB bahkan sejajar dengan pentolan FPI Rizieq Shihab.

Founder Lembaga Survei KedaiKopi Hendri Satrio melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (24/7/2-2018), menjelaskan bahwa pihaknya melakukan survei di 10 provinsi pemilik suara terbanyak. Survei tersebut dilakukan pada 3 hingga 7 Juli 2018.

“Survei kami mendapatkan hasil bahwa TGB Zainul Majdi menempati urutan teratas sebagai Cawapres Jokowi yang paling santri,” ujar Hendri.

Dia menambahkan, 34,1 persen dari total 1.148 responden yang terlibat pada survei menempatkan TGB Zainul Majdi paling memiliki persepsi santri.

Disusul kemudian oleh Ketua Umum PPP Romahurmuzy (27 persen), Muhaimin Iskandar (22,9 persen), Mahfud MD (7 persen), Din Syamsudin (6,1 persen), dan Said Aqil Siroj (2,9 persen).

Menurut Hendri, elektabilitas TGB Zainul Majdi jika dibandingkan dengan hasil survei KedaiKOPI pada 12-27 Maret 2018 mengalami peningkatan.

Berdasarkan tren elektabilitas cawapres dengan pertanyaan terbuka, nama TGB naik dari 4,4 persen menjadi 7,3 persen. Sementara pada elektabilitas cawapres dengan pertanyaan tertutup, naik dari 6,2 persen menjadi 8,2 persen. Yang mengejutkan, Hendri memprediksi elektabilitas TGB akan terus naik pasca-kabar mundurnya dari Demokrat.

“Sangat mungkin bila Presiden Jokowi menelaah hasil survei ini maka TGB Zainul Majdi menjadi tokoh yang paling berpeluang mendampingi Jokowi di 2019,” ungkanya.

Dalam survei tersebut disebutkan bahwa ketokohan TGB populer bersanding dengan nama tokoh lain yang akrab dikenal masyarakat seperti Habib Rizieq, AA Gym, Abdul Somad, Ma’ruf Amin, Said Agil Shiraj, Mustafa Bisri.

Baca Juga:  Paugeran Konsep Pendidikan

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer