Connect with us

Mancanegara

Buka Bersama Dubes Negara Sahabat, Yuddy Chisnandi Sajikan Masakan Khas Indonesia

JARRAK.ID

Published

on

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chisnandi bersama para duta besar negara sahabat menjelang buka puasa bersama di KBRI Kyiv, Ukraina, pada 25 Mei 2018 waktu setempat (Doc. JARRAK)

KYIV – JARRAK.ID – Minggu pertama bulan Ramadhan, 25 Mei 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv, Ukraina mengadakan buka bersama dengan duta besar negara sahabat. Acara buka puasa dilaksanakan di Wisma Duta di kawasan Klinicheskaya 11, Kota Kyiv, Ukraina.

“Ini bagian dari rangkaian silaturrahmi dengan tema ‘Persaudaraan Islam untuk Perdamaian Dunia’,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi di hadapan para duta besar negara sahabat sebagaimana dalam keterangan resmi kepada Jarrak.id, Sabtu, (26/05/2018).

Duta besar yang hadir antara lain dari negara Uni Emirat Arab, Mesir, Tajikistan, Palestina, dan Lebanon. Turut hadir dalam kesempatan yang sama anggota DPR RI dari Partai Hanura, Mukhtar Tompo dan jajaran KBRI Ukraina.

Menurut Yuddy, kegiatan buka bersama dengan duta besar memang rutin diadakan KBRI Kyiv sebagai wujud soft diplomacy. “Kami juga berdialog dengan para duta besar guna membahas isu lintas sektor. Fokus diskusi mengetengahkan topik posisi Islam untuk perdamaian dunia,” tegas Yuddy.

Lebih lanjut Yuddy menambahkan, acara buka puasa kali ini sengaja ia konsep berbeda. Dimana acara tersebut dikemas semacam garden party. Apalagi kata Yuddy, cuaca Kota Kyiv menjelang senja juga bersahabat.

“Saya ingin antar duta besar lebih dekat satu sama lain. Harapan saya pertemuan ini menjadi bentuk soft diplomasi untuk membahasas hal-hal krusial terkait isu lintas sektor. Berkah Ramadhan tahun ini saya harapkan mampu menghidupkan nuansa perdamaian dunia,” kata Yuddy.

Sajikan Masakan Khas Indonesia

Buka puasa semakin semarak dengan beragam sajian masakan khas Indonesia. Diawali makan pembuka bubur candil. Adapun menu utama berupa gado-gado, sop buntut, nasi kuning, empal gentong, dendeng balado, ayam taliwang, telur pindang, jengkol, dan tahu.

Sedang dessert-nya dihidangkan ketan hitam. Tak lupa juga dihidangkan kerupuk, abon, dan sambal sebagai pelengkap hidangan. “Ini sekaligus untuk promosi kekayaan kuliner indonesia,” terang mantan Men PAN-RB tersebut.

Acara yang dimulai pukul 20.30 berakhir pada pukul 23.00, dengan diselingi shalat Magrib berjamaah. Bertindak sebagai imam, Duta Besar Mesir, HE Hassan Elden Aly.

Ramah tamah selesai dengan jabat tangan persahabatan antar duta besar. Yuddy juga menyerahkan bingkisan berupa krupuk dan emping melinjo kepada para duta besar dan tamu undangan yang hadir.

Sebagai informasi, waktu puasa Ramadhan di Ukraina mencapai 19 jam, jauh lebih lama dibandingkan Indonesia yang rata-rata 13 jam.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer