Connect with us

Daerah

BREAKING NEWS: Polisi Kembali Ciduk Penyebar Hoaks Surat Suara Tercoblos

JARRAK.ID

Published

on

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Polisi kembali berhasil menangkap seorang berinisial J yang diduga ikut menyebarkan berita hoaks soal surat suara tercoblos.

Polisi mengamankan J di wilayah Brebes, Jawa Barat oleh Polres Brebes dan Polda Jawa Tengah.

“Tambahan untuk pelaku yang sudah diamankan atas nama J, yang bersangkutan diamankan di wilayah Polres Brebes. Saat ini sedang ditangani tim gabungan Polres Brebes dan Polda Jawa Tengah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo diMabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, (07/01/2018).

Menurut Dedi, peran J sama dengan yang dilakukan HY dan LS, yang diamankan lebih dulu dan sudah menyandang status tersangka.

“J ini sama dengan 2 tersangka yang diamankan, atas nama HY yang di Bogor dan LS yang di Balikpapan sama perannya. Dia memiliki peran menerima konten tanpa mengklarifikasi mengkonfirmasi langsung memviralkan baik melalui akun Facebook-nya maupun akun wa grupnya,” ujar Dedi.

Dedi menegaskan, polisi terus mengejar aktor intelektual atau pembuat konten hoaks surat suara tercoblos.

Polisi juga mengejar orang yang pertama kali menyebarkan hoaks surat suara tercoblos di media sosial, sehingga menjadi viral.

“Fokus utama tim siber ini adalah kreator dan buzzernya. Karena kreator adalah yang paling bertanggungjawab membuat berita hoax tersebut. Kemudian buzzer memiliki tugas dia memviralkan pertama kali ke seluruh akun media sosial, kemudian diikuti oleh akun-akun masyarakat tanpa mengkonformasi tanpa mengklarifikasi,” paparnya.

Baca Juga:  Selamat, Kahiyang Ayu Lahirkan Cucu Kedua Presiden Jokowi, Namanya?

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer