Connect with us

Daerah

BPCB Jatim Hentikan Eskavasi Situs Sumberbeji di Jombang

WANDRIK SETYO UTOMO

Published

on

Situs Petirtaan Sumberbeji yang terletak di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang (Doc. JARRAK)

JOMBANG – JARRAK.ID – BPCB Jatim menghentikan kegiatan ekskavasi tahap dua di Situs Petirtaan Sumberbeji, Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang.

Penghentian ini, setelah para arkeolog menyelesaikan tahap membuka sisi dalam situs dan menemukan saluran buang yang diyakini menuju kawasan pertanian.

Ketua Tim Ekskavasi BPCB jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, berakhirnya ekskavasi tahap dua lantaran tim masih perlu melakukan analisa georadar dan geolistrik untuk memprediksi jalur saluran buang di kawasan situs. Ujung dari saluran buang, dalam posisi tertutup pohon dan menuju kawasan pertanian.

“Sampai (Lahan pertanian). Jadi kami akan berkerjasama dengan tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan analisa terlebih dahulu. Jadi kemarin hari terakhir kegiatan,” ujar Wicak, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Kata dia, saluran buang yang ditemukan dalam ekskavasi terakhir dalam posisi mengarah ke timur. Saluran itu memiliki panjang delapan meter dengan posisi melengkung dari utara menuju timur. Saluran buang yang ditemukan juga dalam kondisi utuh dan masih berfungsi.

“Bagian atas masih tertutup. Tapi konstruksi bangunan sama persis dengan saluran air masuk, hanya saluran buang itu poisisnya lebih rendah sekitar 70 centimeter,” katanya.

Selain menemukan saluran buang, eskavasi yang seharusnya berakhir pada Kamis itu, juga sempat menemukan 4 jaladwara. 4 benda itu ditemukan berada di sisi selatan dari bangunan utama situs dan satu jaladwara dalam posisi tertindih oleh runtuhan menara.

Wicak mengatakan, kegiatan eskavasi akan dilanjutkan kembali hingga batas yang belum ditentukan.

Sebab, pekerjaan memperdalam sisi dalam kolam dengan kedalaman 1 meter masih perlu dilakukan.

“Kita sudah menyelesaikan semua. Fokus kita (Eskavasi tahap dua) yakni memperdalam bagian dalam sisi kolam sedalam 1 meter. Dan masih perlu satu meter lagi yang akan kita lakukan pada kegiatan selanjutnya,” katanya.

Advertisement

Populer