Connect with us

Politik

Berkunjung Ke Sukabumi, Jokowi Bagi-Bagi Sembako

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Kunjungan Presiden Joko Widodo di Sukabumi, Jawa Barat untuk membagikan kupon sembako, ramai diperbincangkan masyarakat. Karena, kinjungan itu dinilai sebagai bentuk kampanye dini, untuk menyongsong Pemilihan Presiden RI tahun 2019.

Hal semacam ini memang sering dilakukan oleh presiden RI ke-7 tersebut ketika berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Namun kali ini memang dinilai bisa mempengaruhi tingkat keterpilihannya.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto menilai hal itu wajar sebagai bentuk komunikasi pemimpin dengan rakyatknya.

Enggak bisa dinafikan juga bahwa (pembagian sembako) itu bisa berpengaruh pada political publicity, Joko Widodo, tapi selama bukan pelanggaran kampanye ya tidak masalah. Toh nantinya Presiden juga cuti kalau masa kampanye,” kata Gun Gun Heryanto seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (09/04/18).

Menurut Gun Gun, pembagian sembako itu tak berbeda dengan pembagian sepeda oleh Presiden Jokowi dalam berbagai kegiatannya.

“Kunjungan kemana pun itu wilayah kepemimpinannya, dan belum masuk masa kampanye juga, lagi pula enggak mengajak memilih pas Pilpres juga kan,” tambah Gun Gun.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mempermasahkan pembagian sembako ini dan meminta Istana harus member penjelasan soal pembagian sembako.

“Harus ada pennjelasan  kenapa bisa begini. Apakah sudah jadi protap (prosedur tetap) bagi-bagi sembako pas kunker @jokowi?” Cuitnya, pada Minggu (08/04/18).

Sejumlah nitizen pun mengaitkan pembagian sembako dengan tahun politik.

Kapolres Sukabumi Ajun Komisaris Besar  Nasriadi membenarkan bahwa kupon sembako itu sengaja dititipkan kepada Polsek Palabuhanratu oleh Jokowi untuk dibagikan kepada nelayan. Jumlahnya mencapai 1.500 kupon.

“Itu sembako karena kan beliau tidak sempat lagi ketemu sama warga dan nelayan karena waktunya mepet. Jadi sembako tersebut dititipkan di Polsek Palabuhanratu untuk dibagikan ke nelayan,” kata dia, Minggu (8/3), seperti dilansir dari Detik.com.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi melakukan pembagian sembako sejak lama di sejumlah tempat. Pada 1 September 2015, Jokowi melakukan pembagian sembako saat berkunjung ke kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, dan Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Ketika itu, ibu negara Iriana Widodo sibuk meladeni ibu-ibu yang menyerahkan kupon berwarna merah dan kuning untuk menukarnya dengan sekantong plastik putih berisi beras 5 kilogram dan 1 liter minyak goreng.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer