Connect with us

Politik

Berkat Yusril, Presiden Jokowi Akan Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir Pekan Depan

JARRAK.ID

Published

on

Yusril Ihza Mahendra Saat Bertemu Dengan Ustaz Abu Bakar Baasyir (Foto: Facebook Yusril Ihza Mahendra)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra mengatakan dirinya berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir.

Menurut Yusril, pembebasan terhadap Ba’asyir karena alasan kemanusiaan. Pasalnya saat ini Ba’asyir sudah berusia 81 tahun, sehingga kondisi kesehatannya sudah mulai menurun.

Ba’asyir juga telah menjalani 9 tahun penjara dari 15 tahun vonis yang dijatuhkan majelis hakim.

“Sudah saatnya Ba’asyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan. Jokowi berpendapat bahwa Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan,” kata Yusril melalui aku Facebook miliknya, Jumat, (18/01/2019).

Yusril mengatakan, Presiden Jokowi ikut prihatin dengan kondisi Ba’asyir. Yusril lalu diminta menelaah serta berdialog dan bertemu Ba’asyir yang masih ditahan di LP Teroris Gunung Sindur, Bogor.

Setelah bebas nanti, Ba’asyir akan tinggal di Solo bersama anaknya, Abdul Rahim.

“Pembebasan Ba’asyir akan dilakukan pekan depan untuk membereskan administrasi pidananya di LP. Ba’asyir sendiri minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Ba’asyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim,” tutur Yusril.

Ba’asyir kepada Yusril mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada semua pihak yang berjasa dalam pembebasan dirinya.

“Kepada juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit, Ba’asyir mengatakan ‘Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar’,” tutur Yusril menirukan Ba’asyir.

Yusril datang ke LP Gunung Sindur ditemani Yusron Ihza Mahendra dan Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Keluarga Ba’asyir juga datang dari Solo. Hadir pula pengacara Ba’asyir, Achmad Michdan, yang turut bersyukur atas bebasnya Ba’asyir.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Dukung Baiq Nuril Ajukan PK ke MA

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer