Connect with us

Politik

Belum Dilantik Jadi Ketua KPK, Irjen Firli Dinilai Pas Jadi Kapolri

JARRAK.ID

Published

on

Ketua KPK terpilih, Firli Bahuri (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pusat Monitoring dan Hukum Indonesia (PMHI) menganggap bahwa Ketua KPK terpilih 2019-2023, Irjen Firli Bahuri dinilai layak sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Tito Karnavian di masa yang akan datang.

Koordinator PMPHI, Gandi Parapat menyebut Firli berpeluang besar menggantikan Tito dengan alasan regenerasi. Selain itu, rekam jejak Firli sebagai pemimpin pun dianggap sudah teruji.

“Pengangkatan Firli pun jika dipilih Presiden, tidak akan melanggar undang-undang,” ujar Gandi di Medan, Sumatera Utara, Senin (07/10/2019).

Dia menyebut bahwa Firli merupakan perwira tinggi Polri yang kenyang pengalaman.

“Jenderal Firli merupakan jawaban untuk menghentikan segala bentuk manuver dari pihak tertentu, yang patut dicurigai menginginkan adanya pergantian Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Presiden juga mempunyai hak prerogatif jika tetap mempertahankan Tito Karnavian,” tegas dia.

Bahkan menurut Gandi, pemilihan Firli sebagai Kapolri bisa berpotensi memperbaiki citra korps bhayangkara ke depannya. Namun demikian, posisi Tito ke depan masih belum dipastikan kendati isu pergantian pimpinan Polri semakin menguat belakangan ini.

Menurutnya wajar apabila Tito hendak diganti dalam waktu dekat. Namun bukan karena gagal memimpin Polri, sebab mantan Kapolda Metro Jaya itu dinilai berhasil terutama dalam memberantas terorisme. Tito murni digantikan demi alasan regenerasi, walau masa pensiun sang jenderal masih lama.

“Dengan memilih Jenderal Firli maka akan mendinginkan situasi yang sempat memanas atas tuntutan dikeluarkannya Perppu,” tuturnya.

“Firli juga dapat menguatkan Polri dalam agenda pemberantasan korupsi di Tanah Air. Citra Polri akan semakin baik ke depannya,” tandas dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer