Connect with us

Daerah

Begini Penjelasan Kalapas Sukamiskin Soal Sel Setya Novanto

JARRAK.ID

Published

on

Setya Novanto (Doc. Net)

BANDUNG – JARRAK.ID – Kalapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Tejo Harwanto memberikan penjelasan soal alasan menempatkan mantan Ketua DPR sekaligus terdakwa kasus e-KTP, Setya Novanto pada sel yang dianggap mewah.

Menurut Tejo, hal itu didasarkan kepada sidang TPP (Tim Pengamat Permasyarakatan), dimana seorang ditempatkan di sel tertentu, termasuk Setya Novanto dengan mempertimbangkan masa hukuman di atas 15 tahun.

“Pemikirannya pertama dari sidang TPP (tim pengamat pemasyarakatan) seseorang ditempatkan di situ mungkin karena hukumannya 15 tahun atau 18 tahun,” kata Tejo Harwant, Senin, (17/09/2018).

Sedangkan sidang TPP melibatkan pejabat struktural di Lapas Sukamiskin yaitu Kalapas, Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) dan pejabat struktural lainnya. Dalam sidang, napi akan ditentukan menghuni sel sesuai faktor-faktor penilaian.

Faktor itu diakui Tejo meliputi kesehatan, masa orientasi minat dan bakat, usia dan lama pidana. Sehingga atas pertimbangan itu, narapidana akan ditempatkan di kamar yang lebih besar, termasuk Setya Novanto.

“Timbul adanya proses melalaui sidang TPP penempatan yang dilihat pertama mungkin kesehatan, mas orientasi bakat minat, usia dan lama pidana. Jadi ditempatkan ke kamar sedang dan besar karena lamanya pidana,” kata Tejo.

Baca Juga:  Kampus-kampus di Malang Raya Bentuk Konsorsium Go International

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer