Connect with us

Politik

Begini Cara Mengecek Lembaga Survei Abal-Abal

JARRAK.ID

Published

on

Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), Hamdi Muluk (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ada beberapa mekanisme dalam rangka mendeteksi lembaga survei yang disinyalir tidak kredibel atau abal-abal. Salah satunya dengan cara melacak orang-orang yang ada di dalam lembaga survei tersebut.

“Gampang mendeteksi (lembaga survei) abal-abal. Lihat apakah orang-orang yang terlibat di situ ada akademik background yang memadai,” ujar Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), Hamdi Muluk dalam diskusi yang dilakukan di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, (09/03/2019).

Selain itu kata dia, juga dapat dilihat apakah lembaga survei tersebut juga rutin mengeluarkan hasil survei apa tidak.

Pasalnya kata dia, lembaga survei yang kredibel tidak akan mempertaruhkan reputasinya demi Pemilu.

“Bisa kita cek rekam jejak. Apalagi seperti tahun 2014 ada lembaga melakukan hitung cepat saja salah total,” jelasnya.

Menurut dia, hitung cepat tidak boleh salah. Dalam hitung cepat, kata dia, kemungkinan salah hanya sekian persen dan mendekati angka nol persen. Ia mengatakan, survei hitung cepat berbeda dengan survei jajak pendapat.

“Hitung cepat tidak boleh salah karena dia hanya hitung sesuatu yang sudah terjadi, perilaku yang sudah terjadi. Kalau jajak pendapat kan baru persepsi atau niat. Jadi kalau quick count tidak boleh salah,” tuturnya

Ia juga menyebutkan, survei tentang perilaku pemilih penting di negara demokrasi. Perilaku pemilih dapat menentukan karena kedaulatan berada di tangan rakyat sepenuhnya. Apa yang dirasakan rakyat dan bagaimana preferensi mereka menjadi penting untuk dipantau.

“Perilaku pemilih itu jadi penting di demokrasi. Hari ini ketika kedaulatan dikembalikan ke rakyat sepenuhnya, apa yang dirasakan, dilakukan orang, bagaimana preferensinya bagaimana dinamikanya itu harus kita potret,” ungkap dia.

Baca Juga:  Sangar Berdebat, Ngabalin Kedapatan me-Like Akun Video Porno

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer