Connect with us

Elektoral

Bawaslu DKI Kejar Pelaku Pemasang Spanduk ‘Jokowi Bersama PKI’

JARRAK.ID

Published

on

Spanduk bertuliskan tagar #JokowiBersamaPKI yang terpasang di Bilangan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Puadi mengatakan pihaknya saat ini sedang memburu pelaku pemasangan spanduk bertuliskan #JokowiBersamaPKI. Spanduk itu diketahui terpasangan di Bilangan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa, (04/12/2018).

Kendati demikian, Puadi mengaku tidak bisa berandai-andai siapa pemasang spanduk tersebut. Bawaslu masih akan mencari tahu siapa yang dengan sengaja memasang spanduk itu.

“Kita tidak bisa berasumsi. Susah juga kita untuk menduga apakah paslon yang melakukan atau memerintahkan,” ucap Puadi, Rabu, (05/12/2018).

Puadi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan masyarakat soal keberadaan spanduk tersebut. Puadi lantas meminta Bawaslu Kota Jakarta Pusat untuk bertindak. Spanduk lalu diturunkan dengan segera. Puadi menyebut konten spanduk diduga mengandung unsur menghasut dan mengadu domba seperti yang tertuang dalam Pasal 280 UU No 7 tahun 2017 Pasal 1 butir d.

“Kita perintahkan kepada Bawaslu kota Jakarta Pusat untuk melakukan investigasi atau penelusuran,” kata Puadi.

Nantinya, jika sudah menemukan alat bukti, spanduk tersebut akan menjadi temuan Bawaslu. Batas waktu untuk menelusuri pemasangan spanduk yakni 7 hari, atau pada Selasa pekan depan (11/12/2018). Jika tidak ada alat bukti yang memuaskan, Bawaslu tidak akan melanjutkan penelusuran.

“Bawaslu memerintahkan kepada wilayah untuk mengawasi jangan sampai ada lagi yang terpasang seperti itu,” kata Puadi.

Diketahui, spanduk putih bernada fitnah terhadap Presiden Joko Widodo terpasang di kawasan Kebon Kacang, Jakarta, pada Selasa kemarin (04/12/2018).

Dalam spanduk tertulis #PKIBerkedokPancasila, #JKWBersamaPKI, #JKWHoaksNasional, #JKWSontoloyoNasional, #JKWGenderuwoNasional, 2019 Tenggelamkan PKI. Selain itu, nampak pula tulisan Prabowo – Sandi for Presiden Indonesia Kuat. Foto Prabowo dan Sandi turut terpajang di bagian kanan beserta nomor urut 02 dan lambang parpol pemgusungnya dalam Pilpres 2019.

Baca Juga:  Ceramah Gus Nur: Haram Hukumnya Pilih Presiden Jokowi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer