Connect with us

Bisnis

Banyuwangi Dapatkan Insentif Pemerintah Rp. 75 Miliar

JARRAK.ID

Published

on

BANYUWANGI-JARRAK.ID-Kabar baik dari Pemerintah Kebupaten Benyuwangi karena memperoleh kucuran dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp 75 miliar karena menjadi salah satu daerah dengan pengelolaan keungan yang terbaik di Indonesia.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Budiarso Teguh, mengatakan Banyuwangi ditetapkan sebagai salah satu daerah terbaik pengelola keungan daerah karena berhasil memenangkan tujuh dari sepuluh kriteria.

Adapun ketujuh indikator tersebut, kata Budiarso, dari keberhasilan penurunan angka kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan menusia (IPM), pelayanan dasar bidang kesehatan, infrastruktur, penyelenggaraan pemerintah dan inovasi.

“Kemenkeu tidak hanya bicara pengelolaan secara administratif, tapi juga dampak program pembangunan ke masyarakat, dan berimbas positif terhadap pembangunan,” ujarnya, Jumat (23/2/2018).

Dengan pengelolaan keuangan pemerintah desa, Budiarso mengapresiasi Banyuwangi yang memiliki program e-village Budgeting dan e-monitoring.

Perencanaan keuangan desa terkoneksi dengan sistem perencanaan kabupaten sekaligus ada pemantauan perkembangan pembangunan berbagai proyek yang ada di desa sengan memamfaatkan data goespasial.

“Ini pekerjaan rumah buat Banyuwangi untuk bisa melakukan pemerataan kemampuan semua perangkat desanya, sehingga aturan dari pusat tentang dana desa bisa lebih cepat dipahami dan dilaksanakan dengan baik agar hasilnya tepat sasaran,” tutur Budiarso.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengklaim Banyuwangi telah menjadikan desa sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan. Program dibangun dalam sebuah payung ‘Smart Kampung’.

“Kini, sudah banyak wewenang yang sudah mulai kami limpahkan ke desa. Desa sudah kami ajak sinergi untuk mengentaskan masalah pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan warga,” ungkap Anas.

Sebagai catatan, Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah yang terletak di paling timur di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Banyuwangi merupakan daerah yang kaya dan juga dipimpin oleh bupati yang akhir-akhir ini dianggap kompeten dalam menjalankan kepemerintahannya.

Kabupaten Banyuwangi merupakan Kabupaten terkaya di Jawa Timur yang terus memproleh penghargaan. Kali ini adalah uang insentif yang digelontorkan langsung oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebanyak 75 miliar. Dana itu akan memupuk Banyuwangi untuk semakin mempersolek diri dengan terus mengembangkan berbagai kebijakan daerahnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer