Connect with us

Bisnis

Banjir Melumat 9.938 Rumah di Bandung

JARRAK.ID

Published

on

BANDUNG-JARRAK.ID- Bencana banjir menyembabkan ribuan rumah tergenang. Itulah yang terjadi di sejak Kamis malam (22/2/2018) di Kecamatan Bandung. Bencana tersebut melibas tujuh kecamatan yang ada di Bandung.

Adapun tujuh Kecamatan itu meliputi  Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Paseh, Ibun dan Solokan Jeruk. Dua di antaranya, yaitu Ibun dan Kutawawingin mengalami bencana longsor.

Bencana banjir tersebut dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi dan disertai angin kencang selama tiga hari terakhir. Lain lagi meluapnya sungai Citarum dengan ketinggian air yang bervariasi, antara 30 sintimeter hingga 200 sentimeter.

“Bahwa dari kejadian tersebut, dari data awal yang masuk saat ini ada 9.938 rumah yang tergenang, sebanyak 29.814 jiwa terdampak banjir, dan 10 gedung sekolah dan 27 tempat ibadah tergenang,” papar Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohari, Jumat (23/2/2018).

Selin itu, karena bencana banjir tersebut, arus lalu lintas yang terhubung dari Andir menuju Ketapang, Deyeuhkoot ke Banjaran, Deyeuhkoot ke Ciparay dan dari Majalaya ke Rancaekek saat ini lumpuh total. Kendaraan sejenis roda 2 dan roda 4 tidak bisa melalui jalan-jalan tersebut.

“Satu akses jalan yang bisa dilalui saat ini, yaitu jalan Cikarees-Bojongsoang, tapi sayang macet total,” tambahnya.

BPBD Kabupaten Bandung saat ini telah berupaya semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala potensi yang ada, baik berupa SDM maupun peralatan. Sebanyak 32 personel sudah dibagi tugas ke titik-titik lokasi yang vital dan perlus segera diatasi. Juga bergabung dengan personil dari petugas TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Basarnas, dan para relawan yang sudah ada di lapangan.

“Alat-alat berat seperti  beko, loader, dan beberapa peralatan lainnya, perahu karet, tenda, toilet mobile juga sudah diturunkan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari atau sembako, dapur umum, maupun tenaga medis sedang dikoordinasikan dengan satuan kerja terkait.

“Logistik dari dinas sosial untuk bantuan makanan dan dapur umum. Tidak menutup kemungkinan bantuan dari pusat juga kami tunggu untuk segera disalurkan,” harapnya.

BPBD juga mengimbau untuk masyarakat agar tetap waspada, lebih-lebih karena cuaca sampai berita ini ditulis masih cukup ekstrim.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung agar selalu waspada terhadap kemungkinan bencana lain: banjir, longsor, dan angin puting beliung,” ujarnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer