Connect with us

Berita

Ban Mobil Harus Istirahat saat Perjalanan Jauh, Inilah Faktanya

JARRAK.ID

Published

on

Periksa Tekanan Udara Ban Kendaraan

Otomotif, JARRAK.ID — Mau mengisi liburan kita harus selalu tahu tentang kondisi kendaraan, terutama BAN. Ban menjadi salah satu komponen yang cukup krusial pada kendaraan, baik itu mobil maupun sepeda motor. Maka dari itu, kondisinya juga harus selalu dijaga terutama tekanan udara pada ban apalagi mau bepergian keluar kota.

Jika tekanan udara dalam ban kurang, maka bisa membahayakan bahkan bila pecah ban akan bisa berakibat fatal.

Selain itu, selama ini masih banyak anggapan bahwa saat melakukan perjalanan jauh ban juga harus diistirahatkan. Salah satunya adalah menjaga suhu ban setelah berkendara di jalanan memakan cukup lama.

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, saat melakukan perjalanan jauh tidak perlu mengistirahatkan ban.

“Sebenernya buat ban tidak perlu diistirahatkan mengikuti istirahatnya pengemudi, ini untuk ban penumpang ya, karena test drum di lab juga tidak ada istirahatnya,” kata Zulpata dilansir dari KOMPAS.com, Sabtu (25/1/2020).

Zulpata menambahkan, selama melakukan tes drum ban terus diputar selama tiga hingga empat hari. Hasilnya, kondisi ban juga masih cukup bagus dan tidak mengalami kendala berarti.

“Saat tes itu ban running terus 3-4 hari berturut juga tidak masalah, yang masalah justru kekuatan dari pengemudinya, untuk dari segi ban demikian,” ucapnya.

Tetapi, Zulpata mengatakan, jika ban harus diistirahatkan mengikuti istirahatnya penumpang juga tidak masalah.

“Kalau mau ikut istirahat sesuai istirahat pengemudi ya tidak masalah, setiap 3-4 jam istirahat 20-30 menitan, ban kendaraan itu dibuat kuat kok,” ujarnya.

Meski begitu, Zulpata menyarankan agar ban harus dilakukan perawatan secara berkala. Terutama memperhatikan tekanan udara pada ban.

Selain itu juga memastikan bahwa beban yang dibawa sesuai dengan kekuatan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Apabila mengikuti aturan itu, dia memastikan kondisinya akan tetap bagus.

“Asal perawatannya mumpuni, terutama tekanan udara ban dan bobot yang dipikul harus disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan mobil,” ujarnya.(Gebe’es)

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer