Connect with us

Elektoral

Bali Sumbang Suara Tertinggi untuk Pilpres, Jokowi Telepon Gubernur Koster

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur Bali, I Wayan Koster (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gubernur Bali, I Wayan Koster mengaku mendapatkan panggilan telepon dari Presiden Joko Widodo, usai wilayahnya menyumbang suara dengan persentase terbesar di Indonesia untuk Pilpres 2019, bagi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Sebelumnya Bali diperkirakan menyumbang suara 92% bagi pasangan petahana tersebut.

Menurut Koster, panggilan telepon dari Jokowi bermaksud untuk menyampaikan terima kasih karena sudah menyumbang suara besar bagi Jokowi-Ma’ruf.

Perbincangan via telepon itu terjadi saat Koster berada di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar, Kamis (18/04/2019) pukul 18.30 Wita.

“Beliau (Jokowi) telah menerima laporan bahwa persentase suara capres nomor 01 mencapai 92 persen di Bali, persentase tertinggi di antara 34 provinsi di Indonesia. Beliau mengucapkan terima kasih atas pencapaian itu,” kata Koster, di Denpasar, Kamis malam.

Pencapaian suara tersebut merupakan kejutan bagi Jokowi. Sebelumnya, Jokowi memperkirakan bahwa dukungan di Bali akan mencapai 80 persen.

“Jadi beliau juga ingin menitipkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bali atas dukungan yang luar biasa itu,” kata Koster.

Di akhir percakapan telepon itu, Koster menyampaikan rencananya untuk menghadap Jokowi guna menyampaikan sejumlah aspirasi untuk pembangunan Bali di masa mendatang.

“Beliau menyambut baik dan meminta saya untuk menghadap minggu depan di Istana,” ujar Koster.

Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count Indo Barometer (dengan total suara masuk 99,83 persen), pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 91 persen suara di Bali. Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno hanya meraih 9 persen.

Provinsi lainnya yang meraih suara signifikan untuk Jokowi adalah NTT (86,49 persen), Sulawesi Utara (84,17 persen), dan Maluku Utara (80,08 persen).

Senada, hasil quick count Median menunjukkan Jokowi meraih 91,64 persen di Bali, dan 90,65 persen di NTT.

Baca Juga:  PAN ‘Gagal’ Dukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019, Ini Alasannya

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer