Connect with us

Berita

Atlit Paramotor Bantu Korban Longsor Bogor

JARRAK.ID

Published

on

Atlit Paramotor Siap Terbang

Bogor, JARRAK.ID — Proses distribusi bantuan melalui udara masih dilakukan untuk korban longsor di Sukajaya, Bogor, ke desa-desa yang belum bisa diakses oleh kendaraan.

Ketua Paramotor Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Cahyo Alkantana mengatakan, sedikitnya 10 atelit paramotor diterjunkan ke lokasi untuk mendistribusikan bantuan melalui udara menggunakan paramotor.

“Ada 10 pilot paramotor yang dilibatkan, sementara unit paramotornya ada 3. Semua pilot-pilot itu memang profesional di bidangnya, mereka atelit semua,” kata Cahyo dikonfirmasi, Jumat (10/1/2020).

Untuk operasi, kata Cahyo, pihaknya sudah lebih dulu berkoordinasi dengan pihak Lanud Atang Sanjaya untuk ijin dan waktu terbang.

“Kita koordinasi dengan Lanud Atang Sanjaya, artinya kita juga dibawah kendali Lanud Atang Sanjaya. Karena kita kan harus atur waktu terbang, supaya tidak berbenturan dengan heli dari ATS (Atang Sanjaya) yang terbang juga untuk distribusi bantuan. Karena kan ATS kan yang mengkomandoi semua jalur udara,” jelasnya.

“Seperti jika heli di ATS akan terbang jam 8 pagi, maka kita punya waktu terbang hanya sebelum jam itu. Atau ATS terbang jam 1, maka kita optimalkan waktu sebelum jam 1. Kita harus siasati semuanya, supaya siap terbang,” imbuhnya.

Paramotor yang digunakan untuk distribusi bantuan ada dua jenis. Pertama jenis paramotor yang diterbangkan dengan kaki (foot launch) dan jenis paratrek.

Untuk jenis foot launch, pilot mampu membawa 30 kilogram paket bantuan untuk sekali terbang. Sementara untuk yang jenis paratrek, pilot mampu membawa 100 kilogram paket bantuan. Dropping bantuan, kata Cahyo, dengan cara dijatuhkan dari udara ke titik aman karena lokasi yang dijangkau tidak memiliki lokasi untuk takeoff dan landing yang aman.

“Sekali operasi satu unit paramotor bisa 5-7 kali PP (pulang-pergi) antar bantuan. Sementara di lapangan ada 3 unit paramotor, dikalikan saja berapa kali kita bolak-balik. Waktu terbang untuk jangkau lokasi terisolasi itu hanya butuh waktu 5 menit. Posko kita di Kecamatan Nanggung, jadi lebih dekat ke desa terisolir,” paparnya.
(Gebe’es)

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer