Connect with us

Mancanegara

Arab Sadi Gelontorkan Rp 875 Triliun untuk Tempat Hiburan

JARRAK.ID

Published

on

RIYADH – JARRAK.ID – Pemerintah Arab Saudi akan menggelontorkan investasi sebesar USD64 miliar (Rp875 triliun) di sektor hiburan untuk mewujudkan Visi 2030.

Dengan Visi 2030 dan untuk menopang ekonomi Arab Saudi, dana sebesar itu untuk membangun kompkes hiburan, operasi, dan menggelar berbagai macam acara.

Salah satu proyek hiburan yang sedang digarap berupa kompleks hiburan seluas 334 kilometer persegi yang bertempat di dekat Riyadh. Kompleks yang mempunyai luas lima kali lipat Kota Riyadh itu didesain untuk mewadahi berbagai atraksi budaya, olahraga, musik, taman safari dan sebagainya.

Penggarapan konstruksi bangunan kompleks itu dimulai awal tahun ini dan diharapkan selesai pada tahun 2022.

Maka untuk menunjang sektor hiburan dan pariwisata, Pemerintah Arab Saudi juga menanamkan modal sebesar USD22 miliar (Rp300,7 triliun) dalam sistem transportasi metro enam rel di Riyadh.

Dalam konferensi pers yang begitu megah di Riyadh, Kamis (22/02/18), Kepala Otoritas Hiburan Umum, Ahmad bin Aqeel al-Khatib menjelaskan kepada pawa wartawan rencana investasi bernilai triliunan tersebut.

“Kami sudah membangun  prasarana,”  kata Khatib seraya menambahkan bahwa peresmian pembangunan sebuah gedung pertunjukan sudah dilakukan. “Insya Allah, Anda akan melihat perubahan yang nyata pada tahun 2020,” imbuhnya.

Sekitar 5.000 pertunjukan sudah direncanakan juga kedepannya di tempat hiburan tersebut. Sementara di latar belakang sebuah latar belakang sebuah layar lebar memperlihatkan nama-nama terkenal di panggung hiburan internasional, seperti Maroon 5, Andrea Bocelli, dan Cirque du Soleil.

Sementara itu, beberapa waktu belakangan, telah berlangsung sejumlah acara di Arab Saudi, anatra lain Festival Comic Con dan perayaan Hari Nasional yang bisa dihadiri oleh kaum pria dan wanita dnegan orang-orang  yang menari di jalanan, yang pertama kali terjadi di negara itu, seperti dilansie dari AFP.

Pertengahan Januari tahun ini, perempuan Arab Saudi untuk pertama kalinya juga diperbolehkan menyaksikan pertandingan sepaka bola secara langsung di stadion, walau dalam tahap awal dibatasi di 3 kota besar; Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

Baca Juga:  Wow, Selain Bioskop, Saudi Buka Pertunjukan Gulat Bebas

Sektor hiburan kini dilihat sebagai salah satu potensi ekonomi, mengingat banyak warga Arab Saudi yang pergi ke Dubai maupun Bahrain-yang mudak bisa dicapai dengan menyetir,l menonton film maupun menikmati taman hiburan.

“Kami ingin negara ini terbuka bagi semua agama, tradisi, dan masyarakat,” timpal Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) selama konferensi ekonomi di Riyadh pada akhir Oktober 2017.

Sebanyak 70% penduduk Arab Saudi yang berusia di bawah 30 tahun menginginkan kehidupan bertoleransi. Dia juga berjanji memberantas ekstremis.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer