Connect with us

Other

Apakah Anda Suka Melakukan Screenshot Percakapan Whatsapp? Ketahui Ini Bahayanya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Apakah anda orang yang suka melakukan screenshot percakapan Whatsapp? Kalau iya mulai sekarang anda harus hentikan kebiasaan tersebut.

Pasalnya kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak warga net tanah air itu berpotensi terhadap terjadinya pelanggaran hukum dan bukan tidak mungkin anda akan dijebloskan ke tahanan.

Perihal pelanggaran tersebut sesungguhnya sudah tertuang dalam UU Momer 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

UU tersebut menjadi dasar untuk menjebloskan orang-orang suka melakukan screenshot dan menyebarkannya ke publik tanpa seizin nama yang tercantum dalam screen capture tersebut.

Adapun bunyi pasal yaitu:

“Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan.” Kemudian ayat 2 pada pasal yang sama membolehkan siapa saja yang merasa diragukan atas tindakan tersebut bisa mengajukan gugatan.

Sebelumnya, banyak warga net Indonesia yang acapkali membuat lelucon dengan memposting isi percakapan menggunakan gambar hasil screenshot.

Tak jarang mereka membuat status dari screen capture tersebut dengan nada merindahkan, mencemarkan nama baik dan atau tindakan melanggar hukum lainnya.

Kalau sudah tahu begini apakah anda masih akan meneruskan kebiasaan tersebut tanpa izin yang bersangkutan?

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Makanan Sehat

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer