Connect with us

Daerah

Anies Tuding Polusi Udara di Jakarta Akibat Pembangkit Listrik Batubara

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (D9c. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa polusi udara di ibu kota sebagian besar diakibatkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan batubara.

Anies mengaku sudah mengantongi data hasil kajian yang dilakukan pihaknya, dan akan dibeberkan setelah Lebaran Idul Fitri 1440 H.

“Saya mau presentasikan khusus karena komponen polusi Jakarta bukan hanya kendaraan bermotor tapi yang juga yang besar adalah pembangkit listrik tenaga batubara,” kata Anies di Makam Wakaf Muslim, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Kamis, (06/06/2019).

Namun, di beberapa wilayah di Jawa Barat, tak jauh dari Jakarta, memang ada beberapa pembangkit listrik tenaga batubara. Yang terdekat adalah di Cirebon. Karena itulah, kata Anies, udara Jakarta tercemar polusi.

Anies menekankan pemerintah Jakarta menilai serius potensi bencana akibat perubahan iklim. Menurutnya, kerusakan alam yang terjadi saat ini bukanlah perubahan iklim (climate change) melainkan krisis iklim (climate crisis).

“Jadi kita mengalami climate crisis,” ujar Anies.

Oleh karena itu, Anies mengajak masyarakat untuk hidup ramah lingkungan, agar udara di DKI Jakarta bisa lebih bersih.

Anies mencontohkan terdapat 17 juta kendaraan roda empat di Jakarta. Jumlah kendaraan milik pemerintah hanya 141 ribu atau tak sampai satu persen dari 17 juta kendaraan itu.

“Jadi kalau pemerintah saja yang koreksi tidak cukup, yang paling besar justru komponen rumah tangga dan swasta,” ujar dia.

Baca Juga:  Laporan Janggal, BPK Akan Panggil Auditor Keuangan Garuda

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer