Connect with us

Politik

Anggaran Pertemuan IMF-World Bank Besar, Rizal Ramli: Pemerintah ‘Berpesta’ di Atas Derita Korban Bencana

JARRAK.ID

Published

on

Rizal Ramli (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menyayangkan besarnya anggaran yang digelontorkan pemerintah Indonesia dalam melaksanakan pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali. Padahal kata Rizal, pada waktu bersamaan banyak korban bencana alam yang membutuhkan uluran tangan pemerintah, untuk kebutuhan makan dan minum.

“Kami sedih sekali, dalam suasana keprihatinan, bencana di Donggala, Palu, Lombok, semangat jor-joran, kemewahan enggak berhenti,” kata Rizal di Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat malam, (05/10/2018).

Menurut Rizal, pemerintah tidak perlu menghabiskan anggaran sampai Rp835 miliar dalam kegiatan tersebut. Pasalnya, kata Rizal tugas negara penyelenggara hanya menyediakan tempat, makan, dan penjemputan. Sehingga anggaran yang disediakan pemerintah terlampau besar.

“Biasanya US$10 juta sudah mewah,” kata Rizal.

Rizal meminta pemerintah melakukan penghematan, agar sisa anggaran bisa digunakan untuk membantu para korban bencana alam, terutama di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah.

Segera dihemat ya mas, dialirkan penghematan itu untuk saudara kita di Palu, Donggala, karena banyak yang belum dikerjakan,” katanya.

Karena itu, Rizal menyatakan koalisi Prabowo tidak akan mengirimkan wakilnya dalam pertemuan IMF di Bali. ‘Kami prihatin dengan apa yang ada,” katanya.

Pertemuan IMF-World Bank digelar di Bali, 8-14 Oktober 2018. Indonesia adalah negara keempat di Asia yang menjadi tuan rumah pertemuan ini setelah Filipina (1976), Thailand (1991), dan Singapura (2006).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer