Connect with us

Bisnis

Anggaran Dinilai Tidak Masuk Akal, Anies Baswedan Evaluasi Kegiatan Mudik Gratis

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku akan mengevaluasi kegiatan mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta tahun ini. Pasalnya anggaran yang digunakan untuk kegiatan ini mencapai Rp14 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta.

“Nanti kita evaluasi dulu. Dari situ nanti ke depannya kita lihat seperti apa. Ini kanbaru pertama kali. Evaluasi soal partner, rute, besaran kapasitas, semuanya dievaluasi, baru nanti kita siapkan ke depannya,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, (10/06/2019).

Anies menekankan anggaran mudik gratis sebesar Rp 14 miliar untuk dua kali perjalanan, yakni arus mudik dan arus balik. Ia menyertakan info grafis dari Dinas Perhubungan (Dishub) selaku pelaksana program mudik gratis 2019.

“Jadi, bukan hanya satu jalan. Jadi, dibiayai busnya untuk berangkat dan kembali lagi ke Jakarta,” kata dia.

Cegah Potensi Kecelakaan

Anies menegaskan bahwa mudik gratis yang dilakukan pihaknya dalam rangka mencegah potensi terjadinya kecelakaan. Sehingga ia meyakini, mudik bersama lebih aman dan nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan sendiri.

Ia melanjutkan, bagi Pemprov DKI, pemudik yang mengikuti program tinggal di Jakarta sudah bertahun-tahun. Mereka dinilai berkontribusi besar pada perekonomian Ibu Kota sehingga, menurut Anies, Pemprov DKI merasa perlu memfasilitasi pemudik pulang ke kampung halaman.

Ia mengatakan, APBD pun berasal dari pajak yang masyarakat bayarkan. Untuk itu, dana tersebut dikembalikan lagi dengan cara program mudik gratis. “Dari perekonomian menghasilkan pajak, pajaknya digunakan mereka kembali ke kampungnya dan kembali lagi ke Jakarta,” kata Anies.

Baca Juga:  Ternyata Utang Luar Negeri Indonesia Naik 9,5 Persen Per Februari

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer