Connect with us

Daerah

Aneh, Hakim di Lampung yang Ngamar Bareng Dua Wanita Belum disanksi

JARRAK.ID

Published

on

Gedung MA (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mahkamah Agung (MA) diketahui belum menjatuhkan sanksi kepada hakim Y yang berdinas di Pengadilan Negeri (PN) Menggala, Lampung yang diduga ngamar dengan dua wanita sekaligus dan juga diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Pemeriksaan sudah, begitu juga dengan hasil tes urinenya. Saya dengar KY dan Bawas juga sudah merekomendasikan ke MA,” kata Humas Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang Yesayas Tarigan di Bandarlampung, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa, (12/02/2019).

Kendati demikian, dia mengaku tidak mengetahui apa rekomendasi dari Bawas dan KY kepada MA.

“Dari rekomendasi ini nantinya pimpinan MA akan mengambil sikap. Kita tunggu saja apakah pimpinan PT akan melakukan sidang majelis kehormatan hakim atau tidak, itu MA yang punya kewenangan mengambil sikap,” kata dia.

Saat ini hakim Y telah dinonpalukan dan menjadi pegawai biasa di Pengadilan Tinggi (PT).

“Sejak lama hakimnya sudah non palu dan sudah sebagai karyawan biasa di PT. Kita tidak memberikan kerjaan yang sifatnya teknis seperti mengadili perkara dan memeriksa perkara,” kata dia.

Sebelumnya Jesayas Tarigan telah menyatakan bahwa akan ada sanksi terberat hingga pemecatan bagi hakim Y yang terbukti mengkomsumsi narkoba.

“Jika yang bersangkutan terbukti menggunakan narkoba, maka sanksi terberatnya adalah sampai pemecatan seperti hakim yang sudah-sudah,” kata dia.

Namun semuanya akan diserahkan kepada MA yang memiliki kewenangan penuh dalam memberikan sanksi kepada hakim Y, berdasarkan rekomendasi dari Bawas dan KY.

“Kita tunggu saja, kan sudah dilakukan tes urine juga. Dua instansi juga sudah turun seperti dari Tim Bawas dan KY,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Y digerebek warga pada pertengahan Januari 2019 di rumah dinasnya. Saat itu, Y dalam kondisi mabuk. Di rumah dinas itu didapati 2 perempuan yang bukan istrinya.

Baca Juga:  Eggi Sudjana Tidak Percaya Kapolri Dituduh Terlibat Tindak Pidana Korupsi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer