Connect with us

Other

Anda Sering Mencuci Mobil Menggunakan Sampo, Ternyata Ini Bahayanya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sebagaimana mafhum, banyak masyarakat yang mencuci kendaraan, terutama mobil menggunakan sabun cuci piring dan sampo rambut.

Padahal, kedua cairan itu memiliki kandungan kimia yang dapat membuat bodi mobil jadi kusam. Demikian disampaikan Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah.

“Cairan pencuci mobil harus mempunyai pH (tingkat keasaman) di angka tujuh, agar tidak akan mengangkat lapisan coating dan meninggalkan bintik putih. Jika kandungan pH terlalu tinggi, setelah bodi kering akan terlihat bintik-bintik putih,” kata Fadillah di Jakarta Pusat, Rabu, (11/07/2018) sebagaimana dilansir Viva.

Kata Fadillah, setiap cairan yang digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga mempunyai pH tinggi atau rendah. Sementara, agar bodi mobil tetap mengilap dan lapisan pernisnya terjaga, kadar pH harus seimbang.

Hal senada disampaikan Trainer dari Rupes, Adetio Nasution. Jika terlalu sering menggunakan sabun pencuci piring dan sampo, daya kilap bodi akan menurun.

“Pernisnya terkikis dan bodi kusam, karena deterjennya bisa menggangkat clear coat. Jika sudah begitu, ketika bodi dipegag pasti keset,” tutur Adetio.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Pijat yang Harus Kamu Tahu

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer