Connect with us

Other

Anda Sedang Kesepian? Ini Cara Mengatasinya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kesepian adalah kondisi dimana seseorang merasa sendiri, tidak diperhatikan, bahkan merasa tidak berharga. Jangan anggap remeh jika mengalami hal ini. Kesepian yang berkepanjangan bisa membuat stres. Bagaimana cara mengatasi kesepian?

Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi kesepian.

1. Berbicara dengan orang asing

Obat ampuh saat merasa kesepian adalah berbicara. Dan terkadang, ada masanya orang terdekat Anda tidak bisa dihubungi untuk diajak berbicara atau sekadar mendengar suaranya. Sebagai gantinya, Cobalah berbicara dengan orang asing yang Anda jumpai di tempat-tempat tertentu.

Misalnya saat pergi ke kedai kopi, Anda bisa mengobrol sedikit dengan barista atau pegawai kasir seputar kopi. Bila berkendara dengan ojek online, tak ada salahnya mengobrol dengan pengendara ojek.

2. Mencoba pengalaman baru

Cobalah pergi traveling ke tempat-tempat yang belum Anda kunjungi, baik di dalam maupun luar negeri. Anda pun akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah, sehingga punya kesempatan untuk berkenalan dan berbagi pengalaman.

Bila tidak ingin jalan-jalan yang terlalu jauh, Anda juga bisa sekadar pergi menonton acara musik atau melakukan hal positif yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

3. Memelihara hewan

Hewan peliharaan bisa membuat Anda merasa lebih berarti ketika sampai di rumah. Anda akan disambut dengan suara anjing, kibasan ekornya yang lucu, geliat kucing yang manja serta tingkah bodohnya, atau ocehan burung saat Anda membuka pintu.

Selain itu, Anda juga perlu memberi mereka makan dan membersihkan kandangnya. Dengan begitu, Anda akan merasa bermanfaat untuk makhluk hidup lain, sekalipun itu bukan manusia.

4. Membagikan hal bermanfaat di media sosial

Akan beda rasanya bila Anda membagikan hal lain yang lebih bermanfaat dibanding sekadar foto. Dikutip dari Psychology Today, Anda bisa membagikan informasi valid, misalnya tentang pencemaran lingkungan atau langkah apa yang bisa dilakukan oleh banyak orang untuk kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga:  KPK Minta Capres-Cawapres Segera Setor LHKPN

Atau bila punya kemahiran, misalnya menggambar atau memasak, Anda bisa merekamnya dan mengunggah tipsnya di media sosial. Intinya, buatlah konten kreatif sesuai hobi atau keterampilan yang dimiliki. Biasanya, orang-orang akan lebih merespons positif daripada Anda hanya mengunggah hal-hal yang terkesan pamer.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer