Connect with us

Properti

Anda Memiliki Apartemen Berukuran Mungil? Begini Tips Membuatnya Lebih Cantik Dan Luas

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Budget yang minim seringkali membuat banyak orang memutuskan untuk membeli apartemen yang tak terlalu besar. Tentunya akan banyak kendala dan kesulitan yang harus dihadapi jika kita memiliki apartemen dengan ukuran yang mungil. Apalagi dalam hal dekorasi, tentu tak akan bisa kita leluasa mendekornya dengan berbagai macem aksen, warna, tata letak dan sebagainya.

Sebuah apartemen di wilayah Budhapest misalnya hanya memiliki ukuran sekitar 320 kaki atau jika dikonversi dengan satuan meter maka hanya sekitar 30 meter persegi. Ukuran yang cukup mungil untuk sebuah tempat tinggal yang nyaman. Jika penghuni apartemen ingin merombak atau mempercantik dengan berbagai dekorasi maka sudah tentu dibutuhkan banyak trik agar mampu menyulap si mungil jadi nampak lebih luas dan tentunya nyaman.

Namun tenang, sebagaimana dilansir dari Curbed, sebuah kelompok arsitek asal Hungaria bernama Batlab punya sejumlah trik untuk mendesain si apartemen mungil jadi lebih luas dan cantik.

Batlab memberikan rahasia mempercantik apartemen yang sebelumnya nampak mungil dan sesak menjadi lebih terasa luas dan nyaman. Menurut Batlab kunci agar si mungil nampak terasa lega adalah membiarkan semua ruangan terasa terbuka namun tetap terpisah. Satu hal yang dapat dilakukan untuk proyek itu adalah dengan merobohkan dinding pembatas yang membuat apartemen nampak ramping. Dengan begitu ruangan yang sesak akan terasa terbuka lebar.

Setelah proses membuat ruangan terasa lebar, barulah sang arsitek akan melakukan penataan dan dekorasi agar apartemen menjadi lebih cantik dan terasa lega. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan membangun dapur dan kamar mandi compact. Hal itu nantinya juga dapat difungsikan sebagai pembatas antara kamar tidur dan ruang tamu. Kamar tidur bisa saja diletakkan di samping dapur dengan penutup cukup tirai tipis.

Baca Juga:  Tanah Strategis, Cocok Buat Perumahan, Dekat Kampus UNES Semarang

Untuk ruang tamu dapat dilakukan desain secara terpusat. Artinya ruang tamu boleh juga dipusatkan pada sebuah meja berukuran kecil dengan diberi aksen rak built in dan tak lupa sertakan lampu gantung agar ruangan mungil itu terkesan hangat. Beberapa desain tersebut tentu akan membuat apartemen yang mungil lebih cantik meski tetap dalam ukurannya yang ramping dan sederhana.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer