Connect with us

Other

Anda Ingin Berhenti Merokok, Berikut Cara Ampuh yang Harus Dilakukan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahaya merokok untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, masih banyak orang yang tetap merokok. Namun, tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dikutip dari laman Medical Daily berikut.

1. Bermain

Temukan sesuatu yang menyita perhatian Anda, misalnya pelajari cara membuat kue, mendaki, bersepeda, bola basket, atau hobi baru apa pun yang dapat mengalihkan pandangan Anda dari rokok.

Pilih kegiatan di dalam atau luar ruangan yang melibatkan upaya fisik atau mental atau bahkan keduanya. Tetapi, penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan seperti bermain video gim dalam jangka waktu lama yang mengarah ke gaya hidup tidak banyak bergerak.

2. Bangun kekuatan Anda

Ada banyak tantangan saat Anda berusaha melawan kecanduan. Rokok sangat menggoda. Mereka membuat Anda berpikir bahwa Anda membutuhkan mereka untuk bersantai dan menenangkan diri.

Namun, perilaku merokok secara perlahan merusak tubuh. Berhenti merokok butuh kemauan yang kuat.

Latih otak Anda untuk berhenti mencari rokok. Selalu pikirkan efek buruknya dan ingatkan diri Anda bahwa berhenti adalah keputusan terbaik.

3. Meditasi

Ketika Anda mencoba untuk meningkatkan tekad Anda, satu cara untuk meningkatkan fokus pada hal-hal lain dan membantu Anda mengabaikan rokok adalah meditasi. Pendekatan ini mempromosikan perhatian dan melawan stres, menurut Bulletproof. Meditasi membantu Anda berpikir lebih baik untuk melawan dorongan merokok.

4. Ubah diet

Perubahan sederhana dalam makanan harian dapat membantu Anda berhenti merokok. Tambahkan sayuran, kacang tanah, dan buah-buahan segar ke dalam diet Anda.

Makan atau ngemil bisa menggantikan perasaan memiliki sesuatu di mulut dan tangan yang biasa Anda rasakan saat merokok.

5. Coba Beberapa Suplemen

Jika buah-buahan dan sayuran tidak membantu, ada suplemen yang dapat membantu menghindari rokok. Glutathione dan 5-HTP adalah dua suplemen umum yang digunakan untuk mengobati efek penghentian nikotin.

5-HTP mempromosikan keseimbangan serotonin yang mengurangi kecanduan nikotin, sementara glutathione berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan racun dari tubuh.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer