Connect with us

Elektoral

Alvara Research Prediksi Jokowi-Ma’ruf Menang di Jawa, Prabowo-Sandi Unggul di Sumatera

JARRAK.ID

Published

on

Jokowi-Ma'ruf Amin Vs Prabowo-Sandiaga Uno (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Usai pasangan Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf Amin resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa hari lalu, kini sejumlah analisis soal pemetaan suara pemilih pada Pilpres 2019 ramai dikemukakan oleh sejumlah pihak.

Pulau Jawa yang menyumbang 60% dari total suara pemilih nasional diprediksi tetap akan menjadi rebutan bagi kedua pasangan capres-cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2019 mendatang.

Peneliti Alvara Research Hasanuddin Ali mengatakan pasangan Jokowi-Ma’ruf lebih punya peluang besar untuk mendulang suara terbanyak di Pulau Jawa terutama di tiga provinsi besar yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pasalnya Jokowi-Ma’ruf sama-sama berasal dari Jawa. Sementara itu, pasangan Prabowo dan Sandi diprediksi bakal mendulang banyak suara di wilayah Sumatera.

“Dengan kondisi seperti ini, Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf kebetulan sama-sama di Jawa, maka peluang pemenang Pilpres nanti (lebih besar), kunci adalah di Jawa. Di Sumatera sudah cukup berat karena basis Pak Prabowo,” ujar Ali saat ditemui di Sekretariat Samawi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, (12/08/2018).

Selain karena pertimbangan daerah asal, menurut Ali hal tersebut mengacu pada hasil Pilpres 2014. Pada Pilpres 2014 kata Ali, Jokowi mengalami kekalahan dari Prabowo di Pulau Sumatera, NTB, Banten dan Jabar. Sedangkan mayoritas pemilih di Jawa yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta dimenangkan Jokowi.

“Kalau kita lihat hasil pemilu kemarin, Pak Jokowi itu kalah di Sumatera, di Jawa menang di Jateng, DKI, Jatim. Kalah di Banten dan Jabar, NTB juga kalah,” terangnya.

Oleh karena itu, Ali menyarankan Jokowi agar mantan Wali Kota Solo tersebut berusaha kembali merebut suara pemilih yang di Pulau Jawa.

Baca Juga:  Pasca Dukungan TGB untuk Jokowi, PA 212 Akan Putuskan Capres-Cawapres 27 Juli

Ia juga meminta Jokowi berusaha menggaet pemilih di wilayah Sulawesi terutama Sulawesi Selatan yang menurut Ali masih dilematis antara memilih Jokowi atau Prabowo.

“Banyak pemilih di Sulawesi belum memutuskan apakah Jokowi atau Prabowo. Hitungan kita untuk memenangi Pilpres ini Pak Jokowi harus menang di atas 60 persen,” tutup Ali.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer