Connect with us

Elektoral

Alasan Fokus Pilkada, Ganjar Pranowo Enggan Penuhi Panggilan KPK

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejatinya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai saksi dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP hari ini, Selasa, (05/06/2018).

Kendati demikian, Ganjar menyebut dirinya tidak bisa memenuhi panggilan lembaga anti rasuah tersebut. Ganjar diketahui juga mengirimkan surat kepada KPK perihal absennya dari pemeriksaan KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyebut alasan absennya Politikus PDI Perjuangan itu karena sedang fokus mempersiapkan diri menghadapi Pilkada Jawa Tengah pada 27 Juni mendatang.

“Ganjar Pranowo pada pokoknya menyampaikan tidak dapat hadir dan meminta penjadwalan ulang dengan pertimbangan sedang mempersiapkan pencalonan sebagai kepala daerah,” Febri Diansyah dalam keterangan resminya, Selasa, (05/06/2018).

Menurut Febri, Ganjar akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan pengusaha Made Oka Masagung. Penyidik KPK ingin mengorek keterangan Ganjar untuk melengkapi berkas penyidikan Irvanto dan Oka.

“Dia diagendakan diperiksa pada hari ini, diperiksa untuk tersangka IHP dan MOM,” tutur Febri.

Rutin Diperiksa KPK

Ganjar merupakan salah satu mantan anggota DPR yang rutin diperiksa penyidik KPK dalam kasus korupsi proyek e-KTP. Ia sudah diperiksa sejak penyidikan mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, hingga mantan Ketua DPR Setya Novanto.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer