Connect with us

Politik

Aksi Tipu-Tipu Terhadap Mahfud MD Bisa Gerus Suara Jokowi-Ma’ruf

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama Ma'ruf Amin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Keterangan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dalam sebuah acara talk show di TV One hingga hari ini masih terus diperbincangkan.

Mahfud dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) beberapa hari lalu blak-blakan menceritakan soal penyebab kegagalannya maju sebagai cawapres Jokowi pada Pemilu 2019 mendatang.

Salah satu poin penting yang dibicarakan Mahfud dalam kesempatan tersebut adanya ‘konspirasi’ antara KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta jajaran elite NU.

Terkait hal itu sejumlah pengamat menilai pernyataan Mahfud yang ditonton oleh jutaan orang bukan tidak mungkin akan membawa dampak elektoral terhadap pemilih Jokowi-Ma’ruf.

“Pernyataan itu akan punya dampak elektoral juga,” kata pengamat komunikasi politik, Effendi Ghazali dalam keterangannya, Rabu (15/08/2018).

“Dampak elektoral sementara ini perubahan persepsi terhadap figur-figur yang jadi capres-cawapres itu, pemilu kan soal persepsi,” tambah Effendi yang saat itu juga hadir dalam acara.

Effendi menambahkan, pernyataan Mahfud MD tersebut dianggap orisinil dan tanpa rekayasa tertentu. Sehingga ia menyebut cerita Mahfud pada acara ILC malam itu punya dampak 2.000 kali lipat dibanding semua komentar atau analisis orang lain, baik yang hadir di ILC maupun di luar acara itu.

“Pertama, pernyataan itu orisinil. Prof MMD adalah subyek peristiwa itu. Dua, akurat. Dia menyebut semua tanggal, orang, tempat, dan isi pembicaraan secara sangat akurat, dan menantang secara halus siapa pun boleh memberikan fakta untuk check and recheck,” jelas Effendi.

Ketiga menurut Effendi, cerita Mahfud tersebut juga menjawab pertanyaan sejumlah orang yang penasaran mengapa sosok Mahfud yang belakangan santer sudah pasti dipinang Jokowi, namun justru gagal ditengah jalan.

Baca Juga:  Berkunjung Ke Sukabumi, Jokowi Bagi-Bagi Sembako

Selanjutnya, Effendy menilai Mahfud sebagai sosok yang cermat. Hal itu lantaran dirinya tak terlalu bicara banyak pasca kejadian gagal maju jadi Cawapres Jokowi. Namun ia kemudian secara ekslusif bercerita panjang lebar dalam acara ILC beberapa waktu lalu itu.

“Lima, ini yang mungkin amat penting, kita harus menganalisis apa akibat pernyataan itu. Terutama terhadap figur yang disebut-sebut oleh Prof MMD, soal pembuat surat ancaman yang didiktekan dan sebagainya. Bahkan disebutkan juga siapa menyampaikan atau membocorkan kepada siapa,” jelas Effendi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer