Connect with us

Politik

Aksi #2019GantiPresiden Ditolak, Demokrat: Penguasa Sedang Panik

JARRAK.ID

Published

on

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Polemik penolakan aksi #2019GantiPresiden yang menimpa Neno Warisman di Pekanbaru, Riau baru-baru ini terus berlanjut.

Partai Demokrat sebagai salah satu pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno Pada Pilpres 2019 menilai, sejumlah penolakan yang terjadi terhadap gerakan tersebut merupakan bentuk kepanikan penguasa.

“Saya melihat ada ketidakadilan yang terjadi. Ada kepanikan penguasa atas animo tinggi masyarakat yang ingin mengganti presiden lewat pemilu yang sah 2019 nanti,” kata Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dalam keterangan tertulisnya, Minggu, (26/08/2018).

Ferdinand menyayangkan sikap massa yang menolak kegiatan #2019GantiPresiden tersebut dengan cara menghadang Neno Warisman di Bandara. Ia pun turut menyorori peran aparat kepolisian yang menurutnya, justru membuat acara urung dilakukan, dan bukan malah mengamankan Neno yang saat itu dihalang-halangi massa.

“Kemudian aparat malah berpihak kepada penolakan. Tugas Polri harusnya mengamankan acara bukan malah membuat gagal acara,” tuturnya.

Pihak Polda Riau sebelumnya memang sempat meminta agar kegiatan yang akan dipimpin Neno Warisman itu urung dilakukan, dengan alasan keamanan. Namun Ferdinand menilai, alasan tersebut tak masuk akal lantaran selama ini menurutnya kegiatan serupa juga digelar di sejumlah daerah dan berlangsung tertib.

“Jadi alasan potensi gangguan keamanan tidak patut dijadikan alasan,” tegasnya.

Disisi lain, Ferdinand meminta kepada Jokowi agar bersikap adil. Ia berharap Jokowi merespon dengan bijak berbagai kasus yang menimpa gerakan #2019GantiPresiden sebagaimana diatur dalam undang-undang dan konstitusi.

“Pak Jokowi jangan lupa bahwa kebebasan berserikat berkumpul dan menyuarakan pendapat itu diatur oleh konstitusi dan juga UU. Demokrasi hasil adil,” tutupnya.

Baca Juga:  Empat Warga Bangladesh Diciduk Di Dubai Karena Jual WNI Lewat Whatsapp

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer