Connect with us

Mancanegara

Akibat Badai, 3.300 Penerbangan Dibatalkan di AS

JARRAK.ID

Published

on

NEW YORK – JARRAK.ID – Amerika Serikat diterjang badai hebat disertai hujan dan angin kencang pada Jumat, (02/03/18). Akibat peristiwa tersebut lebih dari 3.300 penerbangan terpaksa dibatalkan demi menghindari kejadian-kejadian tidak diinginkan.

Bencana tahunan ini juga menewaskan sedikitnya lima orang dan memutus aliran listrik satu juta token. Massachusetts menjadai salah satu negara bagian AS yang terkena dampak badai paling buruk. Di daerah tersebut, lebih dari 440.000 token listrik terputus dan banyak akese jalan tidak bisa dilalui.

Seperti pernyataan otoritas terkait lima orang yang meninggal adalah seorang perempuan (77) di Kingsville, Maryland, laki-laki (11) di Putnam, New York, laki-laki (44) di James City, Virginia, seorang remaja di Chesterfie Virginia, dan laki-laki (70) di Newport, pulau Rhode.

Sedangkan dii negara bagian lainnya, Virginia pemutusan listrik sedikitnya mencapai 301.571 unit disertai perusakan beberapa rumah. Sementara di Washington DC mencapai 154.000 unit.

Dampak lain dari bencana tersebut, membuat air laut juga naik beberapa sentimeter sehingga area pesisir di Boston dan kota lainnya mengalami banjir. Ketinggia air diramlkan akan kembali naik dan menggenang hingga Pelabuhan Boston.

Sampai hari Sabtu, (03/03/18), pemerintah setempat memberi peringatan pada 22 juta orang atas bahaya banjir dan diminta segera pindah ke titik teraman.

“Saya beruntung dapat terselamatkan,” ujar Christine WayCotter dari Kota Quincy seperti dilansir media mashyur Amerika Serikat edition,cnn.com. “Lantai pertama rumah kami tidak kemasukan air, tapi basemen (gudang bawah tanah) kami tenggelam,” tambah Christine.

Sementara itu, tim tanggap bencana sedikitnya telah mengevakuasi 50 orang dari area sekitara Quincy. Gubernur Massachusetts Charlie Baker mengerahkan organisasi militer National Guard Massachusetts dalam dalam peristiwa ini. Dia juga mendesak masyarakat agar selalu waspada, termasuk saat memasuki waktu malam hari.

Baca Juga:  Di Hadapan Kepala Negara ASEAN, Jokowi Sampaikan Kebocoran Data Facebook

“Jangan memaksakan diri untuk mwlawan badai jika kalian diperintahkan untuk melakukan evakuasi,” tandas Baker. Diumumkan pula bahwa aliran listrik tidak akan dapat pulih dalam waktu dekat.

Kepala lLembaga Pengelolaan Bencana Massachusetts, Kurt Schwartz menyarankan, masyarakat yang berada di area terdampak agar mempersiapkan diri.

Sementara itu, lebih dari 3.300 penerbangan juga dibatalkan, termasuk ratusan bandara paling sibuk di wilayah timur laut AS seperti Boston, Philadelphia, dan New York. Maskapai seperti Delta, United, dan Southwest menarkan pengembalian uang atas pembatalah ini

Penerbangan di wilayah pesisir timur juga mengalami penundaan. Perusahaan perkeretaapian AS Amtrak juga mengumumkan penundaan layanan operasi kereta jurusan New York-Boston dan arah sebalinya. Di Washington, kantor federal dan sekolah juga diliburkan, begitu pun para petugas kebersihan kota.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer