Connect with us

Politik

Ahmad Nawardi Sebut Pernyataan Prabowo Sarat Konflik

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPP Partai Hanura Ahmad Nawardi menyebut pernyataan kontroversial yang dilontarkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai informasi sarat konflik. Bahkan, menurut Nawardi, pidato Prabowo tersebut bisa memperkeruh keadaan jelang Pilkada dan Pilpres.

Mantan Pangkostrad itu menyampaikan pernyataan kontroversial dalam lawatannya ke Jawa Barat. Dalam pidatonya, Prabowo menyebut banyak elite Indonesia yang goblok dan bermental maling.

“Pak Prabowo seolah menggelindingkan bola panas. Situasi politik Tanah Air saat ini seperti rumput kering, ada percik api akan mudah terbakar. Pernyataan Pak Prabowo sangat tendensius di tengah kulminasi politik jelang pemilu,” kata Nawardi kepada JARRAK.ID melalui sambungan telepon, Senin (02/04/2018).

Bahkan, Nawardi mengaku menyesalkan pernyataan Prabowo yang  terdengar sarkastis dan kasar. Sebagai figur nasional, tambah Nawardi, Prabowo mestinya menampakkan sikap ksatria dengan ucapan-ucapan yang santun.

“Sayang sekali, model komunikasi Pak Prabowo terdengar kasar, sarkastis. Sebagai tokoh publik, pernyataan Pak Prabowo tidak elegan, hanya seperti kalkulasi dari dendam dan dendam,” ucap Anggota DPD RI itu.

Nawardi menambahkan, demokrasi di Indonesia memang mensyaratkan masukan dan kritik. Tetapi, kata dia, harus mengedepankan asas fakta ilmiah dengan bahasa yang santun.

“Saran memang penting sebagai prasyarat kematangan demokrasi, tetapi harus melalui starting poin yang jelas, stabil, dan menebar kenyamanan publik, bukan kekisruhan. Sementara kita lihat pernyataan Pak Prabowo di luar dan di dalam sendiri jadi kontroversi,” sebut mantan wartawan itu.

Sebagai pemimpin partai politik, Prabowo mestinya mengesampingkan isu konfliktual yang tidak jelas fakta dan datanya. Karena, kata Nawardi, pemimpin partai juga memiliki kewajiban untuk merawat opini masyarakat.

“Saya justru khawatir, pernyataan Pak Prabowo ditunggangi politik interest tertentu. Pak Prabowo, misalnya, menyebut elit Indonesia pandai menipu rakyat. Lho, ucapan ini sangat mudah membuat kesenjangan dan polarisasi anggapan publik,” kata Nawardi.

Progres Tren Ekonomi Nasional

Sementara itu, Nawardi juga meragukan klaim Prabowo tentang perekonomian nasional yang tidak memberikan kesejahteraan bagi publik sejak 2004. Bahkan, Prabowo juga menyebut paham yang dianut oleh pemerintah Indonesia neoliberal.

Nawardi menyangkal prediksi Prabowo terkait paham ekonomi nasional yang disebut neoliberal. Bagi Nawardi, layanan pemerintah terhadap beberapa sektor sosial arus bawah sangat dirasakan masyarakat.

“Saya kira public serve pemerintah di sektor pendidikan, kesehatan, budaya dirasakan betul oleh masyarakat. (Neoliberal) biasanya kan mengurangi intervensi pemerintah terhadap layanan sosial publik, Pak Jokowi justru sebaliknya,” kata Nawardi.

Bahkan, tren ekonomi nasional menurut Nawardi terlihat produktif dan positif. Artinya, neraca pertumbuhan ekonomi nasional menunjukkan laju yang progres.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia memang berada di rata-rata 5 persen. Tetapi jangan lupa, ekonomi nasional naik tingkat ke posisi 16 besar dunia. Kesempatan kerja masyarakat dan pertumbuhan ekonomi arus bawah menunjukkan hasil yang signifikan,” terang dia.

Karena itu, bagi Nawardi, kritik kepada pemerintah mesti ditujukan semata untuk harmoni dan kemajuan. Dengan begitu, masyarakat akan menilai bahwa setiap hal yang disampaikan adalah ide kebangkitan dan politik harapan.

“Kita tahu Pak Prabowo memiliki niat baik, tetapi komunikasinya yang keliru. Di tengah atmosfer politik yang tinggi, sebagai figur nasional, Pak Prabowo harus lebih peduli terhadap hal-hal konfliktual yang bisa memecah ketenangan masyarakat,” tukas Nawardi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer