7 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Tidur Telanjang

2 min read

Rizal Ramli Beberkan Dosa Boediono dalam Skandal Bank Century

JAKARTA – JARRAK.ID – Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting. Bahkan, tidur menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi semua orang.

Sebab, kurang tidur bisa menyebabkan kesehatan terganggu. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan, orang yang sangat kurang tidur bisa mengalami depresi berat dan dapat menyebabkan kematian. Dan, ternyata ada manfaat tambahan lain yang Anda dapatkan jika tidur tanpa mengenakan pakaian.

Mungkin di beberapa negara atau masyarakat, terutama yang memiliki budaya dan aturan agama yang ketat, tidur dalam kondisi bugil masih dianggap sebagai hal aneh. Tapi, di beberapa negara lain seperti Amerika dan negara-negara Eropa, tidur telanjang sudah menjadi kebiasaan karena memberi manfaat kesehatan.

Berdasarkan penelitian, tidur telanjang punya manfaat. Berikut ini tujuh manfaatnya, seperti dilansir dari Inet Article Selasa pagi, (24/04/2018)

Praktis

Tidur tanpa busana cukup praktis dan sangat mudah. Hanya perlu melepas semua pakaian saat tidur dan bersiap tidur. Tentu sebelum melakukan ini, pastikan membersihkan tubuh, menggosok gigi dan semua ritual penting lain sebelum tidur. Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mencuci baju atau piyama sama sekali.

2. Merasa lebih bahagia dan bebas

Tidur telanjang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan merasa bebas. Ini karena tanpa pakaian, gesekan dari pakaian dan rasa tak nyaman yang mungkin muncul bisa dihindari selama tidur.

3. Hidup jadi lebih sehat dan harmonis

Bagi yang sudah menikah, tidur tanpa pakaian sangat direkomendasikan untuk membuat hubungan lebih harmonis dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sentuhan yang terjadi dengan kulit pasangan akan merangsang lepasnya oksitosin atau hormon cinta dalam tubuh. Hormon itu menjadi salah satu faktor penting selama hubungan seksual untuk mencapai orgasme.

Selain itu, hormon oksitosin juga hormon yang dapat mencegah terjadinya stres, depresi dan dapat membantu melawan penyakit, menurunkan peradangan usus, mengurangi tekanan darah dan membantu meningkatkan gairah seksual.

4. Mencegah insomnia

Tidur tanpa pakaian akan membantu menurunkan suhu tubuh. Data para peneliti Australia menemukan bahwa suhu tubuh akan turun dan tidur telanjang akan lebih cepat dan nyenyak. Sementara mereka yang tidur dengan piyama atau baju tidur lainnya akan memiliki suhu tubuh lebih tinggi, sehingga sulit untuk tidur.

5. Mengurangi kelebihan lemak di perut

Mau tubuh lebih langsing? Tidur tanpa pakaian ternyata menjadi solusi alternatif bagi mereka yang tidak ingin punya perut buncit atau lemak perut.

6. Membuat lebih percaya diri

Berbagai teori muncul terkait manfaat dari melihat tubuh telanjang, yang menyebut akan membuat semakin tinggi tingkat penerimaan pada diri sendiri. Dengan tidur telanjang bisa meningkatkan rasa percaya diri karena bisa menerima apa pun kondisi fisik.

7. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur tanpa pakaian bisa menurunkan suhu tubuh yang dikaitkan dengan meningkatnya metabolisme tubuh, mengurangi tingkat gula darah dan mencegah diabetes tipe 2. Ilmuwan juga menemukan bahwa mereka yang tidur telanjang, suhu tubuh akan turun. Selain itu, lemak buruk di tubuh dalam beberapa minggu juga akan dibersihkan.