Connect with us

Daerah

3 Operator Seluler Gratiskan Layanan untuk Korban Sulteng, Begini Caranya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Musibah gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) kemarin mengakibatkan akses kebutuhan pokok dan komunikasi sempat terputus. Sejumlah operator selueler juga mengakui hal tersebut, lantaran pasokan listrik menghambat pengoperasian base tranceiver station (BTS).

Meski demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini memastikan 1.728 BTS telah beroperasi. Bahkan, tiga hari pasca gempa dan tsunamu, sejumlah operator seluler yang beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata menyebutkan layanannya sudah berfungsi 49 persen.

Tak hanya itu, ketiga operator seluler itu juga menawarkan layanan gratis bagi korban gempa dan tsunami Palu-Donggala. Layanan tersebut mencakup internet, sms, hingga telpon gratis.

Akses internet gratis Telkomsel bisa menggunakan SSID ‘TelkomPeduli’ untuk area Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, dan Poso.

Telkomsel menyediakan telepon gratis 50 menit ke semua operator, 200 SMS untuk pelanggan Palu dan Donggala. Promo berlaku mulai 1 Oktober 2018 selama seminggu kedepan. Pengguna Telkomsel bisa mengakses SSID *888*20# atau SMS dengan ketik ‘Sulteng’ kirim ke 8999 untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Sementara itu, XL Axiata juga memberikan gratis telepon 10 menit, 10 SMS ke semua operator, kuota internet 500 MB dengan mengaktifkan di SSID *505#. Penawaran berlaku untuk korban gempa selama dua hari sejak layanan diaktifkan.

Begitu juga, Indosat manawarkan layanan telepon gratis dan SMS ke semua operator di area bencana tanpa perlu mendaftarkan paket.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkominfo juga telah menyediakan telepon satelit dan internet melalui koneksi satelit untuk korban gempa dan tsunami Palu.

Seperti diketahui, gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang sejumlah area di Sulawesi Tengah , eperti Palu dan Donggala, pada Jumat (28/9). Akibat bencana ini, hingga Senin (1/10) BNPB melaporkan 844 korban meninggal dunia, 632 orang luka-luka, dan sekitar 48 ribu warga mengungsi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Bicara Soal Aksi Penjarahan Pasca Gempa dan Tsunami di Palu

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer