Connect with us

Daerah

128 Warga Binaan Lapas Sukamiskin Dapat Remisi Lebaran Idul Fitri 1440 H

MUHAMMAD KAYYIS AR

Published

on

Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto saat menyerahkan SK pemberian remisi Idul Fitri 2019 kepada warga binaan di Aula Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 05 Juni 2019 (Doc. JARRAK)

BANDUNG – JARRAK.ID – Tercatat ada 128 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat mendapatkan remisi Lebaran Idul Fitri 2019. Mereka merupakan napi pidana umum dan pidana khusus.

Mereka yang mendapatkan remisi sudah memenuhi persyaratan, diantaranya berkelakuan baik dan sudah menjalani masa pidana paling singkat selama enam bulan untuk napi pidana umum.

Sedangkan Surat Keputusan (SK) pemberian remisi diberikan secara simbolis kepada perwakilan warga binaan oleh Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto di Aula Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, setelah pelaksaan salat Id.

“Sebanyak 128 yang kami usulkan dan semua mendapat remisi Lebaran 2019,” ujar Tejo Harwanto di Lapas Sukamiskin, Rabu, (05/06/2019).

Selain itu, dua jenis remisi, yaitu remisi khusus sebagian (RK I) dan remisi khusus seluruhnya (RK II). 128 narapidana mendapat remisi khusus sebagian, sementara untuk remisi khusus seluruhnya (bebas) tidak ada.

Dari 128 narapidana yang mendapat remisi Lebaran 2019, 5 orang dapat remisi 15 hari, 88 orang dapat pengurangan masa hukuman 1 bulan, 26 orang dapat 1 bulan 15 hari, dan 9 orang mendapat remisi 2 bulan.

Secara total, ucap Tejo Harwanto, ada 473 narapidana yang mendekam di Lapas Sukamiskin. Data itu per tanggal 5 Juni 2019. Dari jumlah tersebut, sebanyak 417 narapidana yang beragama Islam.

Tejo juga menegaskan bahwa, pemberian remisi merupakan tugas dari Lapas Sukamiskin dalam rangka melindungi hak-hak warga binaan.

“Untuk itu, setiap ada pemberian remisi secara maksimal warga binaan yang sudah memenuhi syarat diusulkan untuk mendapatkan remisi, kemudian susulan jika warga binaan pemasyarakatan yang belum terusulkan sudah memenuhi syarat,” tandas dia.

Advertisement

Populer